Jakarta (ANTARA) - Cedera serius yang dialami bek Manchester City Aymeric Laporte dapat memaksa Pep Guardiola terjun ke bursa transfer Januari setelah pemain asal Prancis tersebut dikabarkan baru pulih pada awal tahun depan.

Bek tengah Manchester City tersebut telah menjalani operasi lutut kanan setelah ditandu keluar lapangan saat timnya menang 4-0 akhir pekan lalu atas Brighton.

Menurut laporan The Sun pada Kamis (05/9), Laporte akan absen setidaknya selama empat bulan.

City pada bulan lalu kalah dalam persaingan mendapatkan Harry Maguire ketika ia bergabung dengan klub rival United dengan 85 juta poundsterling (sekitar Rp1,48 triliun) atau lebih tinggi 20 juta poundsterling (sekitar Rp349 miliar) dari tawaran City.

Guardiola berharap menunggu hingga musim panas mendatang untuk mendatangkan pengganti kapten Vincent Kompany, yang memutuskan hengkang pada Mei.

Namun, absennya Laporte membuat pelatih asal Spanyol tersebut hanya menyisakan John Stones dan Nicolas Otamendi sebagai bek tengah di skuat City.

Baca juga: Bek Manchester City Laporte jalani operasi lutut

Guardiola berencana untuk menarik gelandang Fernandinho lebih ke belakang dan bahkan bisa menggunakan bek sayap Kyle Walker sebagai bek tengah setelah menghabiskan 25,8 juta poundsterling (sekitar Rp434 miliar) saat memboyong Joao Cancelo bulan lalu.

Mantan bos Barcelona itu juga bisa mempromosikan dua bek belia Eric Garcia (18) dan Taylor Harwood-Bellis (17) ke skuat senior.

Apa pun pilihan Guardiola, kehilangan bek andalannya selama 18 bulan terakhir merupakan sebuah kemunduran besar.

Baca juga: Aguero dua gol, Man City menang telak 4-0 atas Brighton

Belum ada jadwal resmi dari City terkait kapan Laporte akan benar-benar pulih, tetapi sejumlah sumber mengatakan bahwa ia akan kembali merumput pada 2020. Laporte sendiri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya saat menjalani proses operasi ini melalui media sosial.

"Setelah operasi selasa malam yang berjalan sukses, saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua pesan dukungan Anda selama beberapa hari terakhir.“

"Saya merasa benar-benar merasa dicintai dan saya sangat berterima kasih. Saya akan segera kembali dan lebih kuat," tulis Laporte di akun Instagram-nya.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019