AP I merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelolanya hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan.
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 10 bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) I meraih akreditasi pelayanan bandara tingkat dunia atau Airport Customer Experience yang diserahkan oleh Dewan Bandara Internasional (ACI) pada ACI Customer Service Experience Global Summit 2019.

"Kami bangga bahwa komitmen kami dalam meningkatkan tingkat layanan serta pengalaman pelanggan di bandara-bandara yang kami kelola berhasil mendapat akreditasi internasional melalui Airport Customer Experience Accreditation Program yang dilakukan oleh ACI. Akreditasi ini semakin mengukuhkan kinerja pelayanan seluruh bandara Angkasa Pura I setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya," ujar  Dirut PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Penghargaan ini menjadikan Angkasa Pura I sebagai operator bandara pertama di Asia-Pasifik yang mayoritas bandaranya mendapatkan pengakuan atas komitmen peningkatan pengalaman pelanggan dari lembaga kebandarudaraan prestisius dunia yang berbasis di Montreal, Kanada, ini.

Kesepuluh bandara Angkasa Pura I yang berhasil memperoleh akreditasi yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali, Bandara Juanda - Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin - Makassar, Bandara SAMS Sepinggan - Balikpapan, Bandara Jenderal Ahmad Yani - Semarang, Bandara Sam Ratulangi - Manado, Bandara El Tari - Kupang, Bandara Pattimura - Ambon, Bandara Adi Soemarmo - Solo dan Bandara Internasional Lombok - Praya.

Baca juga: Bandara AP II sabet 22 penghargaan Dewan Bandara Internasional
 

Dalam program strategisnya, AP I merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelolanya hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan.

AP I menekankan bahwa kualitas pelayanan kepada pelanggan merupakan suatu prioritas yang terus ditingkatkan demi mencapai target menjadi salah satu yang terbaik di tingkat global.

Akreditasi ini dilakukan berdasarkan praktik bandara dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik yang terdiri atas pemahaman pelanggan, pengukuran strategi, peningkatan operasional, tata kelola, budaya bandara, inovasi atau rancangan layanan dan kolaborasi komunitas bandara.

"Dengan akreditasi dari ACI ini artinya pengelola bandara telah menunjukkan komitmen secara terus-menerus untuk mengulas dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka yang terus berubah, unggul, dan belajar bagaimana mereka dapat terus meningkat," kata ACI World Director Angela Gittens.

Sepuluh bandara Angkasa Pura I menerima akreditasi bersama bandara-bandara internasional dunia lainnya seperti Bandara John F. Kennedy New York (AS), Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai (India), Bandara Incheon (Korea Selatan), serta Bandara Internasional Halifax Stanfield (Kanada).

Baca juga: AP I miliki fasilitas pemeriksaan penumpang canggih di Bali

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019