Padang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman menyatakan saat ini sejumlah daerah di Sumatera Barat berpotensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.
 
Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha di Padang, Rabu, mengatakan potensi hujan lebat tersebut diperkirakan akan terjadi pada tiga hari ke depan di beberapa wilayah tertentu pada 4 hingga 6 September 2019.
 
Ia juga menyebutkan untuk saat ini potensi hujan ringan terdapat di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Agam, Bukittinggi, Kabupaten Solok, Sijunjung, Pesisir Selatan, dan Solok Selatan.
 
"Namun perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Padang panjang dan Tanah Datar," ujar dia.
 
Selain itu arah angin berasal dari utara sampai barat daya dengan kecepatan 04 hingga 14 Kilometer per jam dan kelembaban udara dari 65 hingga 97 persen.
 
Selain itu pada 5 September 2019 diperkirakan hanya berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Solok, Pesisir Selatan, Solok, Kepulauan Mentawai, dan Pasaman.
 
Perkiraan cuaca Sumatera Barat pada 6 September 2019 berpotensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah yakni di Pasaman, Kabupaten Solok, Agam, Pasaman barat, Bukittinggi, dan Limapulu Kota.
 
"Dengan suhu udara 19 derajat Celsius hingga 31 derajat celsius dan kelembaban udara yakni 70 sampai 97 persen," kata dia.
 
Ia juga menghimbau agar masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada malam dan dini hari di wilayah Pasaman, Pasaman barat, dan Agam.
 
"Selain itu masyarakat mesti waspada dan berhati-hati terhadap dampak lanjutan cuaca yang menimbulkan jalan licin, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang," kata dia.
 
Ia juga mengatakan saat ini diperkirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang terjadi di wilayah Limapuluh Kota, Payakumbuh, Pasaman, dan Padang yakni di Lubuk Kilangan yang diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.
 
 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019