Sudah 9 kloter jamaah haji Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air

id Kedatangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin wafat, jamaah haji kloter 09 Embarkasi Banjarmasin

Para calhaj kloter pertama Embarkasi Banjarmasin, Kalsel sebelum diterbangkan. (FOTO ANTARA/Sukarli).

Banjarmasin (ANTARA) - Kelompok terbang (kloter) ke-9 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah tiba di Tanah Air sejak pukul 02:33 WITA di Bandar Syamsuddin Noor Banjarmasin, Selasa dini hari.

"Dengan sudah tibanya kloter ke-9 itu, total jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke kampung halaman hingga kini sebanyak 2.914 orang," kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi di Banjarmasin, Selasa.

Kloter ke-9 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin ini berasal dari Kabupaten Kotabaru, Hulu Sungai Tengah dan Kota Banjarmasin sekitar 325 orang.

Menurut dia, ada sebanyak 10 kloter lagi jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang masih berada di Tanah Suci Arab Saudi.

Ia menambahkan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sebanyak 19 kloter dengan jumlah jamaah 6.112 orang.

Jumlah jamaah tersebut, kata dia, terbagi dua provinsi, di mana jamaah haji provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masuk keberangkatan di Embarkasi Banjarmasin dengan jumlah jamaah sebanyak 1.941 orang.

"Sedangkan jamaah dari provinsi Kalsel sebanyak 4.172 orang," katanya.

Hingga kini, kata dia, jamaah haji yang meninggal dunia sejak keberangkatan ke Tanah Suci hingga kepulangan ke Tanah Air sebanyak 14 orang.

"Jamaah haji yang wafat itu tujuh orang asal dari Kalsel, tujuh orang dari Kalteng," ujarnya.

Berikut nama jamaah haji yang telah meninggal dunia tersebut :(1) Siti Noor Jannah dari Banjar (2) Masram saleh dari Tabalong (3) Siti Hawariyah Utuh Hasan dari Banjarmasin (4) Darmawi dari Kota Waringin Timur (5) Sahrum dari Barito Utara (6) Tadjudin Noor Salmin Muhdar dari Sampit (7) Hj. Nurjannah Syahran Ibus.

Kemudian, (8) Kayuh Rasidi Ahmad dari Tapin (9) Hasratinor dari Barabai (10) Muhammad Sukri Sulaiman (11) H. Abdul Kasim Saberan Indar Tabalong (12) Kulsum Kurdi Majid dari Palangkaraya (13) H. Rhomansyah dari Barito Selatan (14) Rusiyem dari Kalteng.

Dari seluruh jamaah yang telah meninggal tersebut, di antaranya ada yang dimakamkan di Sharaya Makkah, Syuhada Alharam, dan sebagian lagi di daerah asal tinggal jamaah haji, demikian Noor Fahmi.

Baca juga: Terus bertambah jamaah haji Debarkasi Banjarmasin yang wafat

Baca juga: Jamaah haji Kalsel yang sudah pulang hampir mencapai 2.000

Baca juga: Sudah 12 jamaah haji embarkasi Banjarmasin wafat

 

Pewarta : Sukarli
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar