Jakarta (ANTARA) - Siklon tropis Podul yang terdapat di Filipina bagian utara menyebabkan massa udara uap basah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Kalimantan bagian utara dan timur, Sulawesi bagian Utara dan Papua sehingga berpotensi hujan lebat di sejumlah wilayah.

"Beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Papua Barat dan Papua berpotensi mengalami hujan lebat pada hari Selasa (27/8)," kata Kabag Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Taufan Maulana di Jakarta, Selasa.

Kondisi serupa juga masih berpotensi terjadi di wilayah tersebut kecuali Aceh tetapi wilayah Sumatera Selatan dan Sulawesi Tengah masuk ke daftar wilayah yang terkena hujan lebat pada Rabu (28/8).

Sementara untuk Kamis (29/8), wilayah Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua masih akan mengalami hujan lebat.

Sementara itu, di wilayah Indonesia lainnya seperti Sumatera Utara, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Kalimantan Barat berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada Selasa (27/7).

Pada Rabu (28/8) kondisi tersebut juga masih berlaku untuk wilayah yang sama kecuali untuk Sumatera Utara dan Jabodetabek. Dan untuk Kamis (29/8), kondisi ini berlaku untuk Jambi dan Kalimantan Barat.

Meski siklon Podul berdampak hujan lebat, sejumlah wilayah lainnya di Indonesia menjadi cukup kering.

Baca juga: BMKG: waspadai dampak siklon Tembin di Filipina
Baca juga: Sejumlah perairan berpotensi gelombang tinggi dampak siklon tropis MUN
Baca juga: 196 rumah di MBD rusak terdampak badai Siklon Tropis

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019