Kegiatan peduli sampah ini menargetkan 1.000 bank sampah dengan melibatkan semua kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa
Makassar (ANTARA) - Sebanyak 1.000 bank sampah menjadi target yang diwujudkan dapat di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada World Clean Up Day (WCD) 2019 yang kembali digagas
Komunitas Peduli Gowa.
​​​​​​​
"Kegiatan peduli sampah ini menargetkan 1.000 bank sampah dengan melibatkan semua kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa," kata Ketua Komunitas Peduli Gowa, Muhammad Hidayatullah saat melakukan pertemuan di Rumah Jabatan Wakil Bupati Gowa, Selasa, di Gowa.
​​​​​​​
Ia menjelaskan bahwa WCD akan dilaksanakan 21 September mendatang secara serentak di seluruh indonesia.

WCD, katanya,  bukan hanya digelar serentak di Indonesia namun juga mnjadi even internasional yang juga serentak dilaksanakan di 150 negara.

"Puncaknya pada 21 September namun sebelum itu kita akan turun langsung ke lapangan menyosialisasikan dulu di 18 kecamatan agar target pembentukan 1.000 bank sampah, biopori, penampungan limbah bisa terpenuhi," katanya.

Selain bank sampah, katanya, Komunitas Peduli Gowa juga menargetkan pembuatan 1.000 biopori, 1.000 penampungan limbah minyak jelantah dan 1.000 titik lokasi pembersihan  tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Menurut dia kegiatan itu adalah bagian dari dukungan gerakan Ayo Gowa Bersih yang menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa.

Diharapkan aksi tersebut mampu memberi sumbangsih untuk perbaikan Kabupaten Giwa ke depan sekaligus mewujudkan impian untuk meraih Piala Adipura melalui pembuatan bank sampah unit.

"Bank sampah unit ini adalah salah satu penilaian Adipura karena melalui bank sampah ini akan diketahui neraca berapa banyak sampah yang sudah ditangani di Gowa yang tersebar di 18 kecamatan," katanya.

Kegiatan serupa, kata Muhammad Hidayatullah, sebelumnya telah dilakukan pada 2018, tetapi terbatas untuk Kecamatan Tinggi Moncong. itu berbedadenga  tahun ini yang melibatkan 18 kecamatan se Kabupaten Gowa.

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, H Marsuki menyambut baik kegiatan tersebut.

Pemkab Gowa, katanya, saat ini memang sedang gencar menggerakkan Gowa Bersih. Dengan kegiatan tersebut Pemkab Gowa dipastikan sangat terbantu menyosialisasikan kegiatan itu. Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi mendukung suksesnya WCD.

"Bagus sekali sehingga patut kita dukung, apalagi dalam meningkatkan capaian piala adipura dan penanganan sampah karena membantu Pemkab Gowa menggerakkan Gowa bersih, apalagi ada pembentukan bank sampah salah satu syarat mendapatkan Piala Adipura," demikian Abd Rauf Malaganni.


Baca juga: KLHK : bank sampah bisa mati tanpa koneksi

Baca juga: Kurangi plastik, Gerakan PKK serukan tak gunakan air kemasan

Baca juga: 273 Petugas Kebersihan DLH Gowa Dijamin BPJS
​​​​​​​

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019