Imigrasi Palembang periksa dokumen 2.600 jamaah haji

id jamaah haji, imigrasi, imigrasi palembang, layani kedatangan jamaah haji susmel babel, periksa dokumen keimigrasian jamaah haji, kedatangan jamaah haj

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Palembang melakukan pemeriksaaan dokumen jamaah haji yang pulang/mendarat melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara SMB II Palembang. (Foto ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang telah melakukan pemeriksaan 2.600 lebih dokumen jamaah haji asal Sumatera Selatan dari Arab Saudi yang mendarat ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

"Sejak kedatangan jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama pada 17 Agustus 2019 hingga kloter keenam hari ini tidak ditemukan masalah dokumen keimigrasian milik masyarakat yang melaksanakan ibadah di Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Triman di Palembang, Kamis.

Pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah haji yang pulang dari Arab Saudi beberapa hari ini berjalan dengan baik, karena pihaknya menyiapkan jalur khusus di Bandara Internasional SMB II Palembang.

"Penyediaan jalur khusus ditujukan untuk memudahkan pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah haji yang telah melakukan perjalanan ibadah yang cukup panjang," ujarnya.

Kegiatan pemeriksaan dokumen keimigrasian tersebut terus dilakukan evaluasi sehingga pelayanan penyambutan kedatangan tamu Allah yang masih 13 kloter lagi bisa lebih baik.

"Kondisi lancar tersebut diharapkan bisa berlangsung hingga kedatangan semua tamu Allah melalui Debarkasi Haji Palembang, yang jumlahnya mencapai 8.545 orang dengan perincian 7.195 dari Sumsel, dan 1.255 orang dari Bangka Belitung dan 95 petugas pendamping jamaah," ujarnya.

Untuk melakukan pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian bagi masyarakat yang menunaikan ibadah haji pada 2019 ini, dilakukan persiapan maksimal mulai pemberangkatan calon haji ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi pada gelombang pertama 7-19 Juli dan gelombang kedua pada 20-25 Juli 2019 hingga kedatangan pada 17 Agustus hingga awal September 2019.

Jamaah haji asal Sumsel dan Bangka Belitung yang berangkat dan pulang melalui Badara Internasional SMB II Palembang mengggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines diatur dalam 19 kloter.

Baca juga: Jalur khusus kedatangan jamaah haji disiapkan Imigrasi Palembang
Baca juga: Jamaah haji asal Bangka tiba di Embarkasi Palembang pada 23 Agusrus
Baca juga: Kanwil Kemenag minta pemulangan jamaah haji tidak ada kendala

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar