Lima partai politik diprediksi bakal dominasi Pilkada Kabupaten Malang

id Pilkada Kabupaten Malang,Partai Politik Pilkada kabupaten Malang,Kabupaten Malang,Pilkada Serentak 2020,Pilkada Serentak,Indopol,Ratno Sulistiyanto

Ilustrasi Pilkada. (Antaranews)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Lima partai politik diperkirakan bakal mendominasi perhelatan  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020 di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Direktur Eksekutif Indopol Survey and Consulting Ratno Sulistiyanto di Malang, Kamis, mengatakan bahwa lima partai politik yang diproyeksi akan mendominasi Pilkada Serentak 2020 tersebut, merupakan partai yang memperoleh suara pada Pemilihan Legislatif 2019.

Baca juga: PDI-P mulai petakan Pilkada 2020 Kabupaten Malang

Baca juga: Survei Indopol sebut masyarakat inginkan pemimpin bersih dari korupsi

Baca juga: KPK tahan mantan Wabup Malang Ahmad Subhan


Menurut Ratno, lima partai politik yang akan mendominasi tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Gerindra.

"Saya lihat, lima partai politik tersebut yang akan mendominasi pertarungan Pilkada Serentak 2020," kata Ratno.

Pada Pileg 2019, di Kabupaten Malang PDI-P mampu meraup 23 persen suara, diikuti oleh PKB dengan perolehan 20 persen, Partai Golkar 13 persen, Partai Nasdem 12 persen, dan Partai Gerindra sebanyak 10,51 persen.

Meskipun pada Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Malang tersebut bakal didominasi oleh lima partai politik tersebut, Ratno menilai ada peluang terbuka dari calon independen akibat adanya krisis kepemimpinan.

Krisis kepemimpinan tersebut muncul akibat adanya rasa kecewa dari publik setelah Bupati Malang periode 2016-2021 Rendra Kresna ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2018.

"Karena krisis kepemimpinan seperti saat ini, juga dimungkinkan munculnya figur yang lebih banyak," kata Ratno.

Ratno menjelaskan, ada peluang setidaknya bagi tiga unsur masyarakat untuk bertarung pada Pilkada Kabupaten Malang 2020. Tiga unsur tersebut, lanjut Ratno adalah akademisi, pengusaha, dan ulama.

Pada 2020, di wilayah Jawa Timur ada sebanyak 19 kabupaten kota yang akan menggelar Pilkada serentak. Sebanyak 19 kabupaten kota tersebut adalah, Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar.

Kemudian, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik, dan Kabupaten Kediri.


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar