Peserta SMN diajak lebih mengenal BKI di Bitung

id SMN-2019 Diajak Lebih Mengenal BKI di Bitung

Peserta SMN 2019 saat berkunjung ke BKI Bitung. (1)

Manado (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019, diajak untuk lebih mengenal Badan Usaha Milik negara (BUMN) PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) (BKI) di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami mengajak SMN tahun 2019 asal Jawa Tengah untuk mengunjungi kantor BKI di Bitung, dan melihat aktivitas yang dilakukan sehari-hari," kata Kepala BKI Cabang Bitung Didik Puwosusilo di Bitung, Selasa.

Dia mengatakan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menjadi penanggung jawab kegiatan SMN 2019 dengan dukungan PT Nindya Karya (Persero), PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), dan Perum DAMRI.

Dia menjelaskan BKI merupakan satu-satunya badan klasifikasi nasional yang diberikan kewenangan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengklasifikasi kapal niaga berbendara Indonesia.

Kegiatan klasifikasi tersebut merupakan kegiatan penggolongan kapal berdasarkan konstruksi lambung, mesin, dan listrik kapal dengan tujuan memberikan salah satu penilaian atas laik laut kapal tersebut untuk berlayar.

BKI dibentuk pada tanggal 1 Juni 1964 sebagai badan klasifikasi kapal di Indonesia. Kemudian badan tersebut dikukuhkan secara resmi berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Laut No. Th. 1/17/2 tanggal 26 September 1964 tentang Peraturan Pelaksanaan Kewajiban Kapal-Kapal berbendera Indonesia untuk memiliki sertifikat klasifikasi kapal yang dikeluarkan oleh BKI.

"Kami berharap melalui kegiatan SMN ini, akan lebih menambah wawasan para siswa untuk lebih mengenal BUMN dan merasakan kehadirannya," jelasnya.

Baca juga: Peserta SMN Sulsel berkunjung ke perbatasan RI-PNG
Baca juga: Peserta SMN Sulawesi Tengah belajar proses pengolahan kelapa sawit
Baca juga: Peserta SMN lihat pabrik kapal PT DAK

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar