Atasi karhutla, shalat istisqo digelar prajurit TNI Korem Gapo

id karhutla, shalat istisqa, sahalat minta turun hujan dari langi, minta turun hujan, berdoa minta turun hujan

Komandan Korem 044 Gapo, Kolonel (Arh) Sonny Septiono (tengah) bersama pejabat Mabes Polri. (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Prajurit TNI dari Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) menggelar shalat istisqo atau shalat meminta kepada Allah SWT agar diturunkan hujan di wilayah Sumatera Selatan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi akhir-akhir ini agar tidak semakin parah, terlebih sebulan terakhir daerah itu tidak turun hujan.

"Sekarang mulai banyak kawasan hutan dan lahah gambut yang terbakar, dengan shalat istisqo diharapkan segera turun hujan sehingga terjadi pembasahan hutan dan lahan gambut yang pada musim kemarau ini mulai terbakar," kata Komandan Korem (Danrem) 044 Gapo, Kolonel (Arh) Sonny Septiono di Palembang, Senin.

Salat istisqo di Makorem Gapo itu diimami ustadz KH Syamsuddin Sadiman. Selain prajurit TNI, shalat  juga diikuti PNS dan ibu-ibu Persit --organisasi  persatuan istri TNI AD -- serta masyarakat umum.

Masalah karhutla akhir-akhir ini semakin banyak terjadi sehingga  pihaknya bersama anggota Satgas Siaga Darurat Bencana Asap berupaya melakukan berbagai kegiatan penanggulangannya.

Dengan kegiatan penanggulangan bersama, kata dia, sejauh ini karhutla di sejumlah kabupaten rawan terbakar seperti Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin bisa dikendalikan sehingga bisa dicegah terjadinya bencana kabut asap yang dapat menimbulkan gangguan berbagai aktivitas dan kesehatan masyarakat.

Kegiatan penanggulangan karhutla yang dilakukan Satgas Gabungan Siaga Darurat Bencana Asap Sumsel, katanya, seperti melakukan operasi darat melakukan pencegahan dan pemadaman kawasan hutan dan lahan gambut yang terbakar.

Kemudian satgas juga melakukan operasi udara dengan menggunakan beberapa helikopter dan pesawat yang memiliki kemampuan pengeboman air di lokasi karhutla yang sulit dijangkau.

Untuk memaksimalkan kegiatan penanggulangan karhutla itu, kata dia, semua yang mengikuti shalat istisqo memohon kepada Allah SWT agar segera menurunkan hujan.

"Jadi kami keluarga besar Korem 044 Gapo bersama masyarakat melakukan shalat istisqo,"  kata Sonny Septiono yang juga Komandan Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Sumsel itu.

Ustadz KH Syamsuddin Sadiman seusai shalat istisqo dalam doanya meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan dari langit sehingga kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel dapat segera padam dan masyarakat terhindar dari bencana kabut asap.

"Dalam kondisi kemarau ini memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan dari langit harus dilakukan terus-menerus agar kekeringan dan Karhutla yang menimbulkan bencana kabut asap bisa dicegah," kata ustadz yang juga pengasuh Pondok Pesantren Aulia Cendekia itu.

Baca juga: Wapres: usaha pemadaman kebakaran lahan harus dibarengi doa

Baca juga: Masyarakat Kumpeh Ulu Jambi dan TNI-Polri gelar Sholat Istisqo

Baca juga: Shalat Istiqa di Istiqlal diikuti ribuan orang

Baca juga: Korem 042/Gapu gelar shalat minta hujan

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar