Tangerang Selatan (ANTARA) - Ribuan siswa-siswi dari sejumlah sekolah di Tangerang Selatan (Tangsel) memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 2019 meter di sekeliling Situ (Danau) Parigi sepanjang lebih dari 1.800 meter.

"Acaranya sangat bagus, bisa menambah wawasan kita untuk cinta Tanah Air," kata Aurelia, salah seorang siswa SMKN 4 Tangsel yang turut terlibat dalam pembentangan bendera.

Baca juga: Lomba estafet air meriahkan HUT Ke-74 RI di Bintaro Jakarta Selatan

Baca juga: Anies jadikan HUT Kemerdekaan di pulau reklamasi sebagai simbol


Guru SMKN 4 Tangsel, Bambang Riyadi, juga menyampaikan apresiasinya terhadap acara itu.

"Saya sangat berterima kasih karena acara ini melibatkan siswa-siswi kami. Ini bisa menjadi kegiatan yang sangat positif bagi anak-anak karena dapat membentuk karakter mereka sehingga cinta terhadap Tanah Air," kata dia.

Selain membentangkan bendera sepanjang 2019 meter, siswa-siswi yang juga berasal dari SMK Fadilah, SMA Arif Rahman Hakim, SMK Bina Lengkong Mandiri dan Pondok Pesantren Al Amanah Al Gontory itu juga mengibarkan sebanyak 1.074 bendera kecil yang ditancapkan pada tiang di sekitar danau.

Jumlah bendera sebanyak 1.074 bendera itu sesuai dengan HUT RI yang ke-74.

Ketua panitia acara, Andrean, mengatakan acara tersebut ditujukan untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan dan nasionalisme warga, terutama generasi muda yang dilibatkan dalam acara tersebut.

Baca juga: Tiang bendera bambu di Kampung Akuarium dipasang dini hari

Selain itu, acara tersebut juga diharapkan bisa membangkitkan kesadaran seluruh warga yang berpartisipasi akan pentingnya menjaga lingkungan.

Andrean mengatakan Situ Parigi sering kali dibanjiri sampah yang datang dari aliran sungai yang kemudian bermuara ke danau tersebut, selain juga dari warga setempat yang sering membuang sembarangan.

Ia mengatakan pengelola situ tersebut, yaitu Suhanda Johan, tokoh masyarakat setempat yang juga menggagas acara pengibaran bendera di atas situ tersebut, ingin warga mau bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Harapan penggagas acara ini tentunya ingin mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan," kata dia.

Acara yang digelar,  salah satunya upacara pengibaran sang merah putih di atas danau itu juga dihadiri Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

"Ini merupakan partisipasi dari masyarakat, dari komunitas dalam rangka merayakan, mensyukuri Kemerdekaan RI yang ke-74. Ini tentu menjadi contoh yang baik bagaimana kemerdekaan diisi dengan hal-hal yang positif. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini," katanya.

Baca juga: Anies ikut lomba tarik tambang di sekitar rumahnya

 

Pewarta: Katriana
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019