Jakarta Kemarin, upacara warga pesisir hingga Anies tarik tambang

id Jakarta, HUT Ke-74 RI

Paskibraka DKI Jakarta bersiap mengibarkan bendera merah putih yang akan dikibarkan pada upacara bendera perayaan HUT ke-74 RI di Pulau D Reklamasi Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Upacara bendera di pantai Maju ini diikuti oleh semua jajaran pegawai Pemprov DKI yang jumlahnya mencapai 4.000 orang. ANTARA/Ricky Prayoga/aa.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Sabtu (17/8), mulai dari upacara kemerdekaan warga pesisir hingga Gubernur Anies menang lomba tarik tambang.

Berikut rangkuman berita metropolitan yang disajikan oleh LKBN Antara.

Ratusan warga pesisir pantai Jakarta Utara menggelar upacara bendera memperingati 74 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara yang diikuti sedikitnya 100 orang ibu rumah tangga yang tergabung dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Taruna, hingga Komunitas Jurnalis Cilik (KJC) berlangsung di Tanggul Manunggal VII RW 04 RT 06 Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu.

"Kami ingin membuktikan sebagai warga pesisir pantai, kita melaksanakannya di lokasi yang kita punya," kata pelatih upacara yang juga warga setempat, Wawan Sumarwan yang ditemui usai upacara.

Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia sudah umum dirayakan oleh masyarakat dengan menggelar lomba- lomba unik.

Salah satu masyarakat yang menggelar lomba unik untuk merayakan ulang tahun Indonesia itu adalah masyarakat Kalimalang, pada Sabtu.

Berbeda dengan lomba pinang pada umumnya, masyarakat Kalimalang dengan antusias menyelenggarakan lomba yang disebut titian pinang.

"Susah dong kak, ini kan harus sendirian terus harus fokus biar ga jatuh ngelewatin bambunya soalnya pake oli," ujar Ucok, salah satu peserta kategori anak- anak yang ditemui sehabis memenangkan hadiah berupa tas dari titian pinang yang telah dijajalnya lebih dari 10 kali.
Baca juga: Anak nelayan pesisir Jakarta Utara antusias ikut lomba HUT ke-74 RI

Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Sementara itu, saat memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, Gubernur Jakarta Anies Baswedan ikut bersuka cita bersama masyarakat di sekitar rumahnya dengan mengikuti perlombaan yang biasa diadakan saat 17 Agustusan, yakni tarik tambang dengan hasil tidak mengecewakan, yakni menang 2-0.

Anies yang mengenakan kaus jersey klub sepak bola Persija dan topi berwarna merah, keluar dari kediamannya di Jalan Lebak Bulus II Dalam, Jakarta Selatan, Sabtu petang, sekitar pukul 16.30 WIB.

Anies didampingi istrinya Fery Farhati Ganis dan putra bungsunya, Ismail Hakim.

Sebelum mencapai lokasi lomba tarik tambang, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut sempat melihat perlombaan khas hari kemerdekaan lainnya, yakni panjat pinang yang diikuti warga di sekitar rumahnya.

Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta : Katriana
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar