Denpasar (ANTARA) - Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Karangasem Bakamla RI (IDNCG) menerima kunjungan dari Satuan Polairud Polres Karangasem, di Kantor SPKKL Karangasem, Bali, untuk berkoordinasi terkait keamanan laut wilayah hukum Polres Karangasem, khususnya membahas keamanan laut bagi nelayan.

"Lettu Bakamla Kadek Lis Martiaveni, S.Pd., M.AP. yang menyambut kunjungan yang dipimpin oleh Kasat Polairud Iptu I Gst A. Bagus Suteja, SI.P ke SPPKL Karangasem pada Jumat (16/8) itu," kata Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono, dalam keterangan pers yang diterima Antara di Denpasar, Sabtu.

Dalam kunjungan bersama Kanit Gakkum Aiptu I Wayan Udiana, SH, Ps., Kanit Harwat Aiptu I Komang Singkiryasa, dan Ps. Kanit Patroli Aiptu I Gst Lanang Gede itu, Iptu Bagus Suteja mengatakan, kunjungan dilaksanakan untuk melakukan koordinasi dengan Bakamla RI, dalam hal ini adalah SPKKL Bali, terkait keamanan laut wilayah hukum Polres Karangasem, khususnya keamanan laut bagi nelayan.

Secara jelas dibahas pada pertemuan tersebut, bahwa para nelayan saat melakukan aktivitas menangkap ikan di perairan laut membutuhkan kelengkapan sarana kontak, misalnya handphone. Sarana ini dibutuhkan untuk memberikan informasi sesegera mungkin apabila ada kejadian atau permasalahan di laut, misalnya kejadian mesin jukung mati atau rusak, karena cuaca gelombang besar.

Baca juga: Sinergikan pengamanan laut Menteri Susi-Kapolri tanda tangani MoU

Baca juga: Kapolda Sumut: Pengamanan jalur laut diperketat cegah penyelundupan narkoba

Baca juga: KAL Limboto perkuat pengamanan laut Gorontalo


"Tidak menutup kemungkinan adanya perompak laut serta adanya perebutan zona penangkapan ikan yang mana bisa terjadi adanya nelayan dari Lombok menangkap ikan di Perairan Karangasem. Selain itu dapat ditemui pula kegiatan menangkap ikan dengan menggunakan alat bantu berupa bom ikan dan juga potasium sehingga berdampak bagi keamanan nelayan itu sendiri apabila terjadi perselisihan saat menangkap ikan," katanya.

Pertemuan juga membahas jalinan sinergitas antara Sat Polairud Polres Karangasem dengan Bakamla Karangasem dalam bentuk latihan bersama (menyelam/SAR), ataupun melibatkan Bakamla RI dalam Patroli Laut.

Sebagai bentuk kerja sama antarinstansi dapat pula dilakukan aktivitas sambang pesisir masyarakat nelayan di wilayah hukum Polres Karangasem, sehingga dapat terjalin sinergitas yang baik.

"Semua itu dilakukan dalam upaya menciptakan situasi tetap aman dan ketertiban masyarakat dipesisir tetap terjaga dan kondusif," ujar Iptu Bagus Suteja.

Menanggapi hal itu, Lettu Kadek Lis menyatakan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kunjungan tersebut. "Harapan kami agar sinergritas antarinstansi terkait tetap terjalin dengan baik untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019