Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyuguhkan Festival Budaya Daerah sebagai salah satu dari rangkaian acara Kemah Budaya Nasional (KBN) X yang dipusatkan di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Padang Panjang Desmon di Padang Panjang, Kamis, mengharapkan festival tersebut dapat menguatkan tercapainya tujuan pengenalan budaya bagi para peserta yang hadir di KBN.

Festival Budaya Daerah dipadukan dengan acara kebudayaan Ragam Indonesia yang juga akan diisi, antara lain dengan kuliner daerah, karya seni, dan karnaval.

"Nanti Padang Panjang yang isi karnaval dan kulinernya tapi kita juga tetap padukan dengan daerah lainnya," katanya.

Diperkirakan setiap provinsi akan mengirimkan 20 peserta atau hampir 700 tamu akan hadir di Padang Panjang selama KBN X pada 26 hingga 30 Agustus 2019.

Ia mengatakan tema KBN X yang dipusatkan di Padang Panjang, yaitu "Indonesia Meluas Pandang dari Bumi Minangkabau yang Asri".

Saat ini, sudah ditetapkan kegiatan dipusatkan di objek wisata Minangkabau Fantasi (Mifan) di Silaing Bawah.

Selain di Mifan, para peserta juga akan diajak berkunjung ke lokasi-lokasi penting dan bersejarah di Padang Panjang, seperti Diniyyah Puteri, Markas Secara B, Stasiun Kereta Api Padang Panjang, dan Desa Wisata Kubu Gadang.

Pemerintah setempat telah melaksanakan sejumlah rapat guna mempersiapkan kegiatan yang juga dapat menyuguhkan pengalaman kepramukaan yang berkesan bagi peserta.

"Persiapan KBN X masih berproses. Target kami H-2 semua persiapan sudah selesai dan evaluasi akhir persiapan," katanya.

Baca juga: "Kemah Budaya Nasional" wadah mengenal budaya Indonesia
Baca juga: KBKM pilih 12 solusi terbaik untuk pemajuan kebudayaan


Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019