Gempa susulan kembali guncang Athena

id Gempa Athena,Gempa Yunani

Seorang pria berjalan di dalam reruntuhan sebuah rumah dimana seorang perempuan tewas saat terjadi gempa bumi di desa Ponto, pulau Lefkada, Yunani, Selasa (17/11). Gempa berkekuatan besar melanda wilayah kepulauan selatan Yunani, Lefkada kemarin, menewaskan satu orang dan merusak sejumlah bangunan, menurut keterangan polisi. Pusat gempa berkekuatan 6 SR berada pada 13 km bagian barat Lefkada di Laut Ionian, menurut keterangan Institut Geodinamika Athena. (REUTERS/Antonis Nikolopoulos/E)

Athena (ANTARA) - Koresponden Reuters di Athena merasakan gempa susulan dengan getaran kuat pada Jumat petang, sekitar 40 menit setelah gempa pertama dengan magnitudo 5,1 melanda ibu kota Yunani itu.

Berdasarkan pemantauan organisasi European-Mediterranean Seismological Centre (EMSC), gempa susulan itu berkekuatan 4,4 magnitudo dan berpusat di wilayah yang sama, sekitar 21 km arah barat laut Athena.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 5,1 melanda Ibu Kota Yunani, Athena pada Jumat, menyebabkan masyarakat panik dan berhamburan ke jalan, menurut saksi mata.

Pusat Pemantauan Gempa Eropa mencatat gempa terjadi di 22 km barat laut Kota Athena. Situs tersebut, yang mengutip saksi mata menyebutkan gempa dirasakan "cukup kuat namun durasinya tidak terlalu lama."

Wartawan Reuters melaporkan orang-orang dievakuasi dari gedung tinggi di kota tersebut pascagempa, yang diyakini menjadi yang pertama melanda ibu kota sejak 1999.
 

Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar