Ahli PBB: Negara G20 harus bahas pembunuhan Khashoggi

id JamalKhashoggi,G20,Agnes Callamard

Jurnalis melakukan aksi solidaritas bagi wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi di depan Kedutaan Besar Arab Saudi, Jakarta, Jumat (19/10/2018). Aksi tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas hilangnya Jamal Khashoggi yang diduga tewas saat berada di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

Jenewa (ANTARA) - Penyelidik eksekusi PBB pada Rabu mengatakan bahwa para pemimpin yang menghadiri KTT G20 di Osaka Jepang pekan ini harus menekan Arab Saudi agar "bertanggung jawab secara penuh" atas apa yang disebutnya pembunuhan oleh negara terhadap wartawan Jamal Khashoggi.

Agnes Callamard ditanya oleh awak media, apa yang harus diangkat oleh delegasi yang hadir pada G20 dalam pertemuan bilateral dengan delegasi Arab Saudi - yang diketuai oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

"Saya bersikeras bahwa pembunuhan Tuan Khashoggi merupakan pembunuhan yang dilakukan oleh negara. Ini bukan pembunuhan yang dilakukan oleh pejabat keji saat pemerintah terus berpura-pura," kata Callamrd di Jenewa.

"Oleh karena itu, penting bagi negara-negara yang menghadiri G20 bersikeras agar Arab Saudi bertanggung jawab secara penuh atas pembunuhan tersebut," kata dia.

Sumber: Reuters

Baca juga: Ahli PBB: ada bukti Pangeran Arab bertanggung jawab di kasus Khashoggi
Baca juga: Pacar Jamal Khashoggi desak AS jadikan Arab Saudi bertanggung-jawab

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar