Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dalam Pemilu 2019 di Namibia dan AngoIa.

Hasil rekapitulasi yang dikeluarkan PPLN Windhoek melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, menyatakan paslon 01 mendapatkan 102 suara sedangkan paslon 02, Prabowo-Sandi mendapatkan 33 suara

Penghitungan suara dilakukan pada 17 April 2019, pukul 08.00 hingga 13.00 waktu setempat di Kantor KBRI Windhoek dan dihadiri oleh Duta Besar LBBP RI, Eddy Basuki dan masyarakat Indonesia.

Untuk hasil penghitungan suara DPR RI Jakarta Dapil II, suara terbanyak diraih oleh PDI Perjuangan yaitu 54 suara. Posisi kedua ditempati oleh Partai Solidaritas lndonesia yang meraih 20 suara, sedangkan posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Partai Keadilan Sejahtera sebanyak 14 suara dan Partai Gerindra dengan 12 suara, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrat menduduki posisi kelima dan keenam dengan masing-masing meraih 8 suara.

Sisa suara terbagi kepada 5 partai lainnya yaitu Partai Golkar 6 suara, Partai Berkarya 4 suara, Partai Amanat Nasional 2 suara serta Partai Nasdem dan Partai Perindo yang masing-masing meraih 1 suara.

Surat suara yang dihitung adalah surat suara yang dicoblos melalui metode pos, Kotak Suara Keliling (KSK) di Angola (Luanda dan Soyo) pada 8-10 April 2019, KSK di Walvis Bay, Namibia pada 12 April 2019, dan TPSLN dl Windhoek, Namibia pada 14 April 2019.

Dubes RI untuk Namibia, Eddy Basuki bersyukur Pemilu 2019 di wilayah akreditasi Namibia merangkap Angola, mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan suara pada 17 April 2019 berlangsung lancar, aman, tertib dan tanpa hambatan.

Andreas Pitaya Parta, Ketua PPLN Windhoek menyampalkan terima kasih atas antusiasme WNI di Namibia dan Angola untuk terlibat dalam pesta demokrasi Indonesia di Namibia dan Angola.
 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019