Bamako (ANTARA) - Perdana menteri Mali beserta seluruh jajaran pejabat pemerintah mengundurkan diri pada Kamis (18/4), empat pekan pasca-pembantaian sekitar 160 penggembala Fulani oleh kelompok main hakim sendiri, yang mengejutkan banyak pihak.

"Presiden menerima pengunduran diri perdana menteri beserta jajaran pejabat pemerintah," menurut pernyataan kantor Presiden Ibrahim Boubacar Keita.

Pernyataan tersebut tidak menyebutkan alasan kepergian Perdana Menteri Soumeylou Boubeye Maiga, namun sejumlah legislator pada Rabu membahas kemungkinan mosi tidak percaya pada pemerintah atas pembantaian dan gagalnya upaya untuk melucuti anggota milisi atau mengusir militan.

Serangan 23 Maret oleh tersangka pemburu dari komunitas Dogon di Ogossagou, desa di Mali tengah yang dihuni para musuhnya, gembala Fulani, merupakan pembunuhan berdarah bahkan kekerasan paling sadis yang pernah terjadi dalam sejarah Mali.

Insiden tersebut menyusul serangan mematikan oleh gerilyawan terhadap pos militer yang menewaskan sedikitnya 23 tentara, juga di wilayah Mali tengah, yang diklaim oleh afiliasi al-Qaeda, yang memilik banyak pengembala Fulani dalam barisannya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sekjen PBB sarankan tambahan 2.500 penjaga perdamaian di Mali
Baca juga: OIC kutuk serangan terhadap hotel di Bamako, Mali
Baca juga: DK PBB desak semua pihak di Mali akhiri pertempuran

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019