Turki perintahkan penangkapan 1.112 terduga pendukung ulama gulen

id gullen ,turki

Fethullah Gullen, imam Islam Turki yang dianggap bersikap oposisi kepada Ankara. (haber.sol.org.tr)

Istanbul, (ANTARA News) - Turki memerintahkan penangkapan 1.112 orang yang diduga memiliki jaringan dengan ulama Muslim Fethullah Gulen, yang dituduh menjadi dalang upaya kudeta pada 2016, seperti yang dilaporkan CNN Turk pada Selasa.

Operasi tersebut merupakan yang terbesar yang pernah diluncurkan terhadap orang yang diduga menjadi pendukung ulama yang berbasis di Amerika Serikat sejak kudeta gagal. Insiden gagalnya kudeta tersebut menewaskan 250 orang. Gulen, mantan sekutu Presiden Tayyip Erdogan, membantah terlibat dalam upaya kudeta.

CNN Turk mengatakan operasi tersebut berpusat di ibu kota Ankara, namun menyebar ke 76 provinsi. Tidak ada penjelasan lebih lanjut untuk saat ini, sebagaimana diberitakan Reuters.

Lebih dari 77.000 orang dijebloskan ke penjara sambil menunggu persidangan sejak upaya kudeta. Penangkapan di sejumlah daerah juga masih dilakukan. Pihak berwenang memecat 150.000 warga sipil dan personel militer.

Pengkritik Erdogan menuduhnya memanfaatkan upaya kudeta gagal tersebut untuk membungkam perbedaan pendapat. Pihak berwenang Turki mengatakan langkah tersebut diperlukan untuk memerangi ancaman terhadap keamanan nasional.

penyunting : Asti Mayang Sari
 Baca juga: Turki keluarkan surat perintah penangkapan GullenBaca juga: Menag: pendidikan keagamaan tidak terkait kudeta Turki

Pewarta : Antara
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar