Ottawa, (ANTARA News) - Tiga orang meninggal dan puluhan lainnya terluka dalam kecelakaan bus tingkat yang menabrak halte bus di Ibu Kota Kanada, Ottawa, saat jam sibuk pada Jumat, kata petugas.

Bagian kanan atas bus itu terkelupas dalam tabrakan yang terjadi pada pukul 16.00 waktu setempat (04.00 WIB) di stasiun yang padat di bagian barat kota.

"Dengan sangat sedih saya melaporkan ada tiga korban meninggal dalam kecelakaan, dua orang adalah penumpang bus dan seorang lainnya berada di peron," kata Walikota Ottawa Jim Watson kepada wartawan dalam jumpa pers Jumat.

Watson juga mengatakan bahwa 23 orang lainnya mengalami luka akibat tabrakan tersebut, sebagian cukup parah dan dikirim ke rumah sakit.

Rumah Sakit Ottawa membenarkan melalui cuitan Twitter telah menerima sembilan pasien dalam keadaan kritis akibat kecelakaan.

Kepala Kepolisian Ottawa Charles Bordeleau mengatakan pengemudi bus ditahan dari tempat kejadian untuk diperiksa, tetapi dia meniolak memberi penjelasan lebih lanjut.

"Penyelidikan mengenai penyebab kecelakaan sedang dilakukan," katanya kepada wartawan.

Penyelidikian di tempat kejadian diperkirakan berlangsung sepanjang malam di tengah udara yang membeku di Ottawa, setidaknya diprakirakan mencapai titik terendah minus 22 derajat Celsius.

"Tidak diragukan bahwa suhu udara akan menyulitkan di tempat kejadian," kata Bordeleau.

Tidak jelas apakah suhu udara mengakibatkan tabrakan.

Baca juga: Kanada berupaya tekan Trump untuk cabut tarif baja
Baca juga: Pengadilan Kanada bebaskan petinggi Huawei dengan jaminan


Sejumlah foto dan video dari lokasi kecelakaan memperlihatkan tindakan tanggap darurat untuk menyelamatkan sejumlah orang di darat, sedangkan yang lain memakai tangga untuk menurunkan penumpang yang terjebak di lantai atas bus tingkat tersebut.

Bilal Gill, seorang penumpang di dek atas mengatakan kepada media penyiaran CBC News bahwa para penumpang di bagian depan terjepit di kursi-kursi mereka.

"Pastinya orang-orang terjepit, dan ada sedikit darah di lantai," katanya.

Kecelakaan itu merupakan dua yang terbesar yang terjadi baru-baru ini yang melibatkan bus penumpang di Ottawa.

Bus tingkat lain bertabrakan dengan kereta penumpang pada September 2013, menewaskan enam orang termasuk sopir bus.

Redaktur: Maria D. Andriana

Pewarta: Antara
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019