Sydney, Australia (ANTARA News) - Setelah menghadapi angin sangat kencang dan hujan lebat akibat badai tropis, warga di bagian utara jauh Australia pada Senin diperingatkan agar berhati-hati terhadap buaya, yang bersembunyi di genangan air.

Topan Tropis Owen menerjang Negara Bagian Queensland di Australia Utara selama akhir pekan, dan membawa angin yang berhembus sangat kencang serta hujan yang tak pernah terjadi sebelumnya sehingga sebagian daerah mencatat curah hujan lebih dari setengah meter.

Setelah cuaca ekstrem tersebut, beberapa buaya terlihat memanfaatkan genangan air untuk berkeliaran ke luar habitatnya, dan makin untuk terlibat kontak dengan manusia, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin.

Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk mengatakan kepada warga bahwa hewan reptil yang bertubuh besar telah terlihat di air banjir dan mendesak warga agar berhati-hati.

"Ada banyak buaya yang terlihat pada saat ini, jadi berhati-hatilah di jalan dan tolong, jangan mendekati buaya," kata Palaszczuk.

Polisi Queensland mengatakan mereka telah melihat sejumlah buaya, termasuk satu buaya yang sangat dekat dengan seorang perempuan yang mereka selamatkan.

Banjir telah mengakibatkan seorang lelaki berusia 18 tahun tewas. Lelaki itu tewas-tenggelam saat ia berenang di sungai kecil yang terkena dampak banjir di negara bagian Northern Australia tersebut.

Pihak berwenang menyatakan lelaki itu tak bisa mengatasi arus air dan tenggelam, dan petugas paramedis tak berhasil menyelamatkan nyawanya.

Baca juga: Perempuan Australia halau buaya dengan sandal jepit


Editor: Chaidar Abdullah

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2018