Berlin, Jerman (ANTARA News) - Jerman pada Ahad (21/10) mengumumkan negara itu akan menghentikan ekspor senjata ke Arab Saudi di tengah keraguan mengenai penjelasan Riyadh berkaitan dengan terbunuhnya wartawan Jamal Khashoggi.

Ketika berbicara kepada wartawan setelah pertemuan Uni Kristen Demokrat (CDU) di Berlin, Kanselir Jerman Angela Merkel menuntut penjelasan segera mengenai terbunuhnya Khashoggi.

"Sejauh berkaitan dengan ekspor senjata, itu tak bisa berlangsung dalam kondisi saat ini," kata Merkel.

Wanita pejabat itu juga menggarisbawahi bahwa Berlin akan mengadakan pembicaraan dengan semua mitra internasionalnya untuk mengeluarkan reaksi bersama.

Khashoggi terakhir kali terlihat pada 2 Oktober, ketika ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Setelah berhari-hari membantah mengetahui keberadaan Khashoggi, Arab Saudi pada Sabtu (20/10) menyatakan Khashoggi meninggal selama perkelahian di dalam Konsulat.

Baca juga: Arab Saudi dilaporkan mengakui Khashoggi meninggal di dalam konsulat

Pada hari hilangnya Khashoggi, 15 warga negara Arab Saudi --termasuk beberapa pejabat-- tiba di Istanbul dengan naik dua pesawat dan memasuki Konsulat saat ia berada di dalamnya, kata beberapa sumber polisi Turki. Sejak itu, semua orang yang diidentifikasi tersebut telah meninggalkan Turki.

Satu tim gabungan Turki-Arab Saudi menyelesaikan penyelidikan mengenai kasus itu pada Kamis (18/10), setelah menggeledah kediaman konsul jenderal serta Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Jerman telah menyerukan reaksi bersatu internasional atas terbunuhnya wartawan Jamal Khashoggi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, kata kantor berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

"Kita memerlukan reaksi bersatu dari masyarakat internasional," kata Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas di akun Twitter pada Ahad (21/10). Ditambahkannya, Berlin sedang mengkoordinasikan pendiriannya bersama dengan Prancis, Inggris, mitra lain Uni Eropa dan negara G7.

Maas mengatakan penyelidikan "yang dapat dipercaya" diharapkan dari Arab Saudi mengenai kondisi sesungguhnya seputar kematian Khashoggi.

Baca juga: Jerman diminta tangguhkan penjualan persenjataan ke Saudi terkait kematian Khashoggi


Editor: Chaidar Abdullah

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2018