Dhahran, Arab Saudi (ANTARA News) - Pada 24 Juni, ketika perempuan Arab Saudi diizinkan mengendarai mobil untuk pertama kali, Amira Abdulgader ingin duduk di belakang kemudi, menjadi pengemudi, memberikan tumpangan ke ibunya yang duduk di sampingnya.

"Duduk di belakang kemudi (berarti) bahwa Andalah yang mengendalikan perjalanan," kata sang arsitek itu, yang mengenakan kerudung hitam, yang baru saja selesai belajar mengemudi.

"Saya ingin mengendalikan setiap detail perjalanan saya. Saya akan menjadi orang yang memutuskan kapan harus pergi, apa yang harus dilakukan, dan kapan saya akan kembali."

Abdulgader adalah salah satu dari sekitar 200 perempuan di perusahaan minyak negara Aramco yang mengambil keuntungan dari tawaran perusahaan untuk mengajar karyawan perempuan dan keluarga mereka di akademi mengemudi di Dhahran untuk mendukung revolusi sosial yang menyapu kerajaan tersebut.

"Kami membutuhkan mobil untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kami bekerja, kami adalah ibu, kami memiliki banyak kegiatan sosial, kami harus pergi keluar - jadi kami perlu transportasi," katanya. "Ini akan mengubah hidup saya."

Perempuan merupakan lima persen dari 66.000 staf Aramco, yang berarti bahwa 3.000 lebih pada akhirnya dapat mendaftar di sekolah mengemudi.

Pada September lalu, Raja Salman memutuskan mengakhiri larangan satu-satunya di dunia untuk pengemudi perempuan, yang dipertahankan selama beberapa dekade kelompok Muslim yang sangat konservatif di Arab Saudi.

Tetapi putranya, Putra Mahkota yang berusia 32 tahun, Mohammed bin Salman, adalah wajah revolusi sosial yang lebih luas.

Banyak anak muda Arab Saudi menganggap pengangkatanya sebagai bukti bahwa generasi mereka akhirnya mendapatkan bagian dari kontrol atas negara yang tradisi patriarkalnya telah selama beberapa dekade membuat kekuasaan berada di kelompok tua.

Bagi Abdulgader, 24 Juni adalah hari untuk merayakan perubahan itu, dan hanya ada satu orang yang ingin dia ajak berbagi.

"Pada tanggal 24 Juni, saya ingin pergi ke rumah ibu saya dan membawanya untuk melakukan perjalanan. Ini adalah rencana pertama saya sebenarnya, dan saya ingin benar-benar menikmatinya dengan ibu saya. Hanya saya dan ibu saya, tanpa orang lain," katanya seperti dikutip Reuters.
(Uu.G003) 

Baca juga: Perempuan Arab Saudi sudah mulai dapat SIM

Baca juga: Showroom mobil perempuan pertama dibuka di Arab Saudi

 

Pewarta: system
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018