Venezuela (ANTARA) - Majelis Nasional atau Parlemen Venezuela dengan suara bulat meloloskan resolusi untuk mendukung China terkait masalah Taiwan.

Wakil Presiden Partai Sosialis Bersatu (United Socialist Party) Venezuale Carmen Melendez, Kamis (4/8), menyampaikan pernyataan dari komite kepemimpinan nasional partai tersebut kepada Duta Besar China untuk Venezuela Li Baorong bahwa partainya mengutuk keras kunjungan tersebut.

Kunjungan Pelosi ke Taiwan merupakan sebuah pelanggaran serius terhadap kedaulatan dan integritas teritorial China, menurut Wali Kota Caracas itu. Dia menambahkan Amerika Serikat (AS) telah menjadi ancaman terbesar bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Menurut pernyataan itu, tidak dapat diterima jika AS menyerang dan ikut campur dalam urusan negara-negara lain demi memajukan kepentingannya sendiri. Selain itu, dia menyebutkan AS tidak akan berhasil mengubah tren menuju sebuah dunia multipolar.

Resolusi tersebut mengakui langkah Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai sebuah provokasi serius dan dengan tegas mendukung semua langkah balasan yang diambil China untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022