Kairo (ANTARA) - Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tiba di Kairo pada Jumat (24/6) untuk melakukan kunjungan pertamanya ke Mesir sejak kedua negara kembali menjalin hubungan diplomatik pada 2021.

Tamim disambut oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi di Bandara Internasional Kairo, demikian pernyataan kepresidenan Mesir.

Kunjungan resmi selama dua hari itu meliputi pembicaraan antara kedua pemimpin terkait hubungan bilateral dan sejumlah cara untuk meningkatkan hubungan di sejumlah bidang.

Kedua pihak juga diperkirakan membahas beberapa isu politik regional dan internasional terbaru yang menjadi kepentingan bersama.
 
   Kunjungan Tamim akan mencakup penandatanganan sejumlah perjanjian ekonomi, serta memastikan investasi Qatar di Mesir, terutama di bidang ladang energi, sebut situs web berita yang dikelola negara Ahram Online mengutip seorang sumber politik


Saat sela-sela kunjungan, pertemuan Dewan Bisnis Mesir-Qatar diselenggarakan untuk meningkatkan perdagangan, investasi, dan hubungan ekonomi antara kedua negara.

Pada Januari 2021, kuartet Arab yang terdiri atas Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain menandatangani Deklarasi Al Ula dengan Qatar yang mengakhiri boikot menyeluruh mereka terhadap Doha sejak pertengahan 2017.
 
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2022