KJRI New York gelar Indonesian Street Festival 2021

id KJRI New York,ISF 2021

Para peserta Indonesian Street Festival (ISF) 2021 memainkan alat musik angklung. ANTARA/KJRI New York.

Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York menggelar festival kebudayaan tahunan Indonesian Street Festival (ISF) sebagai puncak peringatan 76 tahun Kemerdekaan Indonesia dengan tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Berlangsung secara hybrid, ISF 2021 diawali dengan acara pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada Pemerintah Kota New York dan mitra bisnis Indonesia, yaitu American-Indonesian Chamber of Commerce, US-ASEAN Business Council, US Chamber of Commerce, Freeport, FedEx, UPS, Deloitte dan Gojek Indonesia atas hibah dan pengiriman alat kesehatan personal protective equipment (PPE) yang terdiri dari 176 ventilators dan lebih dari 50 kontainer berisi PCR Test Kit dan medical gowns.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, Konsul Jenderal RI New York Arifi Saiman memberikan sambutannya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pemberian apresiasi kepada Pemerintah Kota New York dan kalangan bisnis AS oleh Mayor Jenderal TNI Agoes Joesni serta ucapan terima kasih dari Ketua Yayasan BUMN untuk Indonesia, Harjawan Balaningrath.

Sementara itu, pidato penerimaan penghargaan (acceptance speech) disampaikan oleh Aissata Deputy Commissioner for Partnership and Operations MB Camara, General Counsel Pemerintah Kota New York Sarah Friedman, serta President American Indonesian Chamber of Commerce Wayne Forrest,.

ISF 2021 menampilkan ucapan selamat dari Guruh Soekarnoputra, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, sejumlah program dan acara unggulan untuk mempromosikan produk, kuliner, seni dan budaya Indonesia di Amerika Serikat dan dunia sekaligus mendukung livelihood Diaspora Indonesia di wilayah kerja KJRI New York.

ISF 2021 dimeriahkan oleh para pengisi acara yang menampilkan musik, budaya, masakan, antara lain secara langsung dari gedung KJRI New York, penampilan DWP KJRI New York, Indonesian Gastronomy Association (IGA), Indonesian Culinary Enthusiasts (ICE), dan secara virtual dari Swara Mahardhika Indonesia, Nusantara Kreasindo, Saung Budaya, dan DWP PTRI New York (the Dancing Queens).

Seluruh peserta yang hadir turut membunyikan angklung bersama serta menari poco-poco.

Selain itu, terdapat juga bazaar yang menyajikan berbagai macam produk dan masakan Indonesia dari berbagai macam kelompok usaha, restoran dan komunitas Diaspora Indonesia di pantai timur Amerika Serikat. Tidak ketinggalan juga promosi produk kreatif Indonesia berupa perhiasan dan produk-produk UMKM.

Kegiatan ISF 2021 terselenggara atas kerja sama KJRI New York, PTRI New York, KBRI Washington D.C. dan masyarakat Indonesia di New York khususnya Perwakrin USA, IDN Greater New York dan Nusantara Foundation.

Baca juga: Kafe Dangdut diaspora Indonesia resmi dibuka untuk umum di New York

Baca juga: Promosikan dangdut dan kopi, Indonesia buka kafe dangdut di New York

Baca juga: Semangat Nusantara bergema di New York


Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar