Menlu China akan temui pemerintah sementara Taliban

id Menlu China,Taliban,situasi Afghanistan

Arsip foto - Menteri Luar Negeri China Wang Yi, 2016. ANTARA/Reuters.

Beijing (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri China pada Senin mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri sekaligus anggota Dewan Negara Wang Yi akan menemui delegasi pemerintah sementara Afghanistan Taliban selama kunjungan ke Qatar pada 25-26 Oktober.

Kedua belah pihak akan bertukar pandangan mengenai situasi di Afghanistan dan isu-isu yang menjadi "keprihatinan bersama", kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin usai konferensi pers di Beijing.

"Sebagai mitra sekaligus tetangga baik Afghanistan, China selalu menganjurkan dialog dan kontak untuk mengarahkan perkembangan positif situasi di Afghanistan," katanya.

Baca juga: Inggris ajak China, Rusia setujui strategi Afghanistan

Pada pertengahan Agustus pemerintah Afghanistan runtuh saat Amerika Serikat dan sekutu membawa pulang pasukan mereka setelah 20 tahun menginvasi negara tersebut, membawa Taliban mengambil alih kekuasaan melalui serangan kilat.

Sebulan sebelumnya, delegasi Taliban bertemu dengan Wang Yi di Kota Tianjin, China utara.

Semenjak itu China menjanjikan bantuan kepada negara tetangganya tersebut, seraya menuntut Taliban agar menindak keras Gerakan Islam Turkistan Timur, sebuah kelompok yang dianggap Beijing mengancam stabilitas di kawasan barat Xinjiang.

Sumber: Reuters

Baca juga: China serukan pencabutan sanksi internasional terhadap Afghanistan
Baca juga: Utusan khusus China, Rusia, Pakistan untuk Afghanistan kunjungi Kabul

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar