Beijing (ANTARA) - Kota Zhangjiajie, China, yang memiliki perbukitan batu yang sangat populer karena menjadi lokasi pembuatan film Avatar ditutup total untuk umum (lockdown) setelah ditemukan kasus positif COVID-19 varian Delta.

Kasus tersebut ditemukan di antara 2.000 orang yang sedang berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan seni di Charming Xiangxi, gedung teater yang berlokasi di objek wisata alam Wulingyuan, Kota Zhangjiajie, pada Kamis (22/7) pukul 18.00-19.00 waktu setempat (17.00-18.00 WIB).

Permukiman, gedung teater, arena pertunjukan seni, dan objek wisata di Zhangjiajie, ditutup total, demikian laporan beberapa media di China yang dirangkum ANTARA Beijing, Jumat.

Otoritas setempat juga melarang warga Zhangjiajie menggelar pertemuan dan meninggalkan kota yang berada di wilayah barat laut Provinsi Hunan itu.

Beberapa objek wisata di Zhangjiajie mulai Jumat masuk kategori kawasan berisiko sedang COVID-19 sehingga harus ditutup untuk umum.

Sebanyak 2.000 orang penonton berkumpul di gedung teater tersebut tanpa pengaturan jarak.

Meskipun diwajibkan mengenakan masker saat hendak memasuki gedung, pihak panitia tidak bisa memastikan semua penonton tersebut tetap mengenakannya selama pertunjukan berlangsung.

Zhangjiajie yang berjarak sekitar 1.000 kilometer dari Ibu Kota China di Beijing itu tiba-tiba terkenal hingga mancanegara setelah menjadi latar belakang film Avatar.

Baca juga: Pesona Puncak batuan karst Zhangjiajie

Di Taman Nasional Zhangjiajie terdapat sedikitnya 3.000 perbukitan batu vertikal.

Selama musim liburan sekolah akhir semester pada Juni-Agustus, Zhangjiajie dipadati jutaan wisatawan domestik.

Munculnya kasus varian Delta di Zhangjiajie diperkirakan berasal dari Kota Nanjing, Provinsi Jiangsu.

Tiga wisatawan dari Dalian, Provinsi Liaoning, terbang ke Nanjing, dan transit selama dua jam sebelum melanjutkan penerbangan ke Zhangjiajie, demikian hasil penelusuran otoritas kesehatan setempat.

Dua kasus varian Delta di Beijing, sebagaimana diberitakan ANTARA sebelumnya, ternyata memiliki riwayat bepergian ke Zhangjiajie.

Selain Beijing, klaster Zhangjiajie dan Nanjing kini telah menyebar ke Chengdu (Provinsi Sichuan), Dalian (Provinsi Liaoning), Chengde (Provinsi Hunan), Huaian (Provinsi Jiangsu), dan Chongqing.

Daerah-daerah yang ditemukan varian Delta itu kini juga dikenai lockdown secara parsial. 

Baca juga: Konsep avatar di balik keunikan aespa

Baca juga: "Avatar" siap salip "Avengers: Endgame" jadi film terlaris dunia


 

Sutra Atlas tradisional khas Xinjiang China kembali bangkit


 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021