KBRI Brasilia optimalkan medsos untuk promosikan wisata Indonesia

id KBRI Brasilia, Wisata Indonesia, Promosi,KBRI Brasil,Brasil

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Brasilia, Edi Yusup, berbicara dalam webinar Peluncuran Nota Kesepahaman BPPK, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Universitas Indonesia bertajuk Pariwisata Indonesia Pascapandemi, Proyeksi Pemulihan Pasar dan Kerja Sama dengan Kawasan Amerika: Perlunya Intensifikasi Konsolidasi Nasional, Jakarta, Kamis (29/7/2021). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Brasil, Edi Yusup, mengatakan KBRI Brasilia mengoptimalkan penggunaan media sosial dan media massa untuk terus mempromosikan wisata dan kuliner Indonesia di negara yang terletak di Benua Amerika bagian selatan itu.

"Walaupun kita menghadapi pandemi, kita tetap promosi. Namun, promosi kita lakukan melalui pemanfaatan media sosial dan media masa secara optimal di samping mengadakan festival kuliner," kata Yusup dalam webinar Peluncuran Nota Kesepahaman BPPK, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Universitas Indonesia bertajuk Pariwisata Indonesia Pascapandemi, Proyeksi Pemulihan Pasar dan Kerja Sama dengan Kawasan Amerika: Perlunya Intensifikasi Konsolidasi Nasional, Kamis.

Yusup mengatakan perwakilannya tengah mendorong promosi kuliner di Brasil karena banyak di antara warga Brasil yang pernah berwisata ke Indonesia telah mengenal dan meminati makanan khas Indonesia.

"Kami menjalin kerja sama dengan beberapa restoran di Brasil dan kelihatannya cukup efektif untuk memperkenalkan makanan Indonesia di Brasil," katanya.

Baca juga: Kemenkes dan KBRI Singapura terima 2 ISO tank oksigen cair

Kemudian, selain terus mempromosikan kuliner Indonesia, KBRI di Brasilia juga terus mempromosikan produk-produk industri kreatif, khususnya produk kerajinan tangan dan furnitur, karena minat masyarakat Brasil terhadap produk Indonesia yang bernilai seni tinggi juga semakin tinggi.

Yusup mengaku bahwa kegiatan promosi kuliner dan produk kerajinan tangan serta furnitur itu dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan media massa di samping promosi secara langsung yang diadakan setiap pekan.

Dalam satu pekan, kedutaan sedikitnya mempromosikan tiga produk, seperti produk UKM, kuliner dan produk wisata melalui media sosial dan media massa.

"Jadi destinasi-destinasi wisata coba kita promosikan melalui sosial media kita. Kita juga memublikasikan majalah setiap tiga bulan yang menampilkan potensi daerah," katanya.

Selain melalui media sosial dan media massa, Kedubes tersebut juga menjalin kerja sama rutin dengan dua televisi di Brasil untuk mempromosikan produk-produk Indonesia.

"Untuk tahun ini ada enam siaran. Kita sudah manfaatkan dua televisi. Yang pertama wawancara wakil ketua kamar dagang Indonesia. Kemudian yang kedua wawancara dengan deputi di Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) untuk promosi wisata Indonesia di TV Brasil," kata Dubes.

Baca juga: WNI di Malaysia doa bersama bagi yang terpapar COVID-19

Baca juga: KBRI surati stasiun TV Korsel yang singgung Indonesia pada Olimpiade

Pewarta : Katriana
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar