Produk Indonesia dipamerkan di toko Merci Prancis

id produk indonesia,paris,prancis,kbri,toko merci

Suasana pembukaan "Merci Beyond Bali" di toko Merci, Paris, Prancis pada Jumat (23/7/2021). (ANTARA/HO-KBRI Paris)

Jakarta (ANTARA) - Produk kreatif Indonesia turut mewarnai tampilan toko konsep Merci di tengah kota Paris, Prancis selama satu bulan penuh dalam program "Merci Beyond Bali" yang dibuka pada Jumat (23/7).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, Kedutaan Besar RI di Paris mengatakan bahwa program tersebut digelar dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus mendatang.

Hadirnya produk-produk Tanah Air di Merci juga menunjukkan kegigihan masyarakat Indonesia dalam berkarya untuk terus tumbuh dan pulih usai terdampak oleh pandemi COVID-19, kata KBRI Paris.

“Indonesia tidak hanya kaya akan keanekaragaman hayati, namun juga dipenuhi dengan bakat dan talenta yang modern dan inovatif dalam berkreasi,” kata Duta Besar RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, dikutip dari pernyataan tertulis tersebut.

Menurut KBRI, program "Merci Beyond Bali" tak hanya bertujuan untuk mempromosikan produk-produk kreatif, namun juga untuk membawa sensasi Bali bagi pengunjung.

Baca juga: KBRI Paris gelar pelatihan bagi calon pengajar BIPA secara daring

“Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di Zamrud Khatulistiwa, akibat pandemi COVID-19,” tambah Dubes Arrmanatha.

Dalam program tersebut, lobi utama Merci telah didekorasi dengan saung-saung di tengah pepohonan hijau dan sawah yang berundak-undak, sebagaimana yang banyak ditemui di Bali.

Masing-masing saung menampilkan berbagai kekayaan kreativitas Indonesia yang disuguhkan oleh sekitar 28 perancang dari Indonesia. Semua produk, mulai dari fesyen, hingga perabotan dan peralatan makan, dikurasi dan dibeli langsung oleh Merci dari Indonesia.

Toko Merci sendiri merupakan concept store yang telah berdiri sejak tahun 2009 di kota Paris dan menjadi salah satu tempat penjualan berbagai produk dengan kualitas premium.

Masuknya produk-produk kreatif Indonesia ke toko tersebut menjadi salah satu upaya KBRI Paris untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia lewat kolaborasi dengan toko, perancang, restoran, dan rumah mode yang memahami pasar dan konsumen Prancis.

Dalam satu tahun terakhir, selain dengan Merci, KBRI Paris juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti rumah mode ternama Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba.

Baca juga: Indonesia promosi jamu, kopi, hingga nasi goreng di Paris


Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar