Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Iwan Bogananta, membahas peluang kerja sama dengan Walikota Montana, Zlatko Zhivkov, dalam kunjungan kerja ke kota tersebut.

Kunjungan kerja tersebut dilakukan atas undangan dari Walikota Montana kepada Dubes Iwan untuk menghadiri perayaan "Day of the Holy Spirit" yang jatuh pada 21 Juni, berdasarkan rilis pers KBRI di Sofia, yang diperoleh pada Kamis.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes Iwan bertemu dengan Walikota Montana Zlatko Zhivkov, dan keduanya membahas beberapa peluang kerja sama, termasuk kemungkinan penamaan jalan di Montana dengan nama tokoh Indonesia.

Gagasan penamaan jalan dengan nama tokoh Indonesia tersebut disampaikan sebagai sebuah langkah yang diupayakan untuk menjaga hubungan baik Indonesia dengan Bulgaria, yang telah terjalin selama 65 tahun.

Di akhir pertemuan, Walikota Montana memberikan kenang-kenangan berupa sebuah sepeda kepada Dubes Iwan.

Sementara Dubes Iwan memanfaatkan kunjungan tersebut untuk sekaligus melakukan napak tilas perjalanan Presiden Jokowi ke Montana 14 tahun lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes Iwan menyempatkan diri berkunjung ke beberapa lokasi yang pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi pada 2007, termasuk ke Montana Central Square.

Sementara itu, Perayaan "Day of the Holy Spirit" 2021 dirayakan bertepatan dengan hari ulang tahun Presiden Joko Widodi yang ke-60.

Atas dasar hubungan baik dengan Presiden Jokowi yang telah terjalin sejak kunjungannya ke Montana pada 2007, Walikota Montana secara khusus membuat video ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi.

"Bagi saya beliau adalah sosok pemimpin yang baik. Saya berharap ia bisa datang kembali ke Bulgaria, khususnya ke Montana," kata Walikota Zhivkov dalam video tersebut.

Presiden Jokowi pada 2007 melakukan kunjungan kerja ke kota Montana sebagai Walikota Solo. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mendiskusikan peluang kerja sama kota kembar antara Solo dan Montana.
Baca juga: IDEA Grup Bulgaria jalin kerja sama dengan pengusaha Indonesia
Baca juga: Film pariwisata Indonesia raih penghargaan di ITFF Bulgaria

Pewarta: Katriana
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021