Pameran Foto "Old and New Indonesia" meriahkan HUT RI ke-75 di Ceko

id Photo,KBRI Praha

Dubes RI Praha, Kenssy D. Ekaningsih, menyatakan KBRI Praha menyambut baik pameran foto yang digagas Tomas Vanourek memperkenalkan Indonesia melalui tampilan Indonesia masa lampau dan masa kini. (KBRI)

London (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha bekerja sama dengan Zikmund 100 Project dan Restoran Garuda menggelar pameran foto "Old and New Indonesia" dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-75 RI di Republik Ceko yang diadakan di Restoran Garuda, Praha, dari 7 Agustus hingga 6 September mendatang.

Pameran foto menampilkan hasil karya traveler dan fotografer Ceko, Miroslav Zikmund dan Tomas Vanourek, yang melakukan perjalanan ke Indonesia pada periode berbeda, demikian Pensosbud KBRI Praha, Prairie Maharwati kepada Antara London, Senin.

Miroslav Zikmund, traveler legendaris Ceko melakukan perjalanan ke beberapa negara Asia termasuk Indonesia pada 1962.

Selama perjalanan , Zikmund mengabadikan beberapa lokasi antara lain Pulau Nias, Candi Borobudur, Candi Prambanan, hingga Bali.

Selang 56 tahun kemudian di tahun 2018, Tomas Vanourek melakukan napak tilas ke tempat yang disinggahi oleh Zikmund dan mengabadikan titik yang sama.

Pada pembukaan pameran foto, Dubes RI Praha, Kenssy D. Ekaningsih, menyatakan KBRI Praha menyambut baik pameran foto yang digagas Tomas Vanourek untuk memperkenalkan Indonesia melalui tampilan Indonesia masa lampau dan masa kini.

“Yang menarik dalam pameran foto ini, Vanourek berhasil bertemu dengan keturunan langsung dari objek foto Zikmund, sehingga foto yang ditampilkan bercerita tentang Indonesia di masa lalu dan masa kini,” ujar Kenssy.

Sementara itu, Tomas Vanourek menceritakan pengalamannya saat melakukan napak tilas perjalanan Zikmund ke Indonesia.

Acara pembukaan diisi dengan presentasi sutradara terkenal Ceko, Jiri Novak, yang menampilkan seri dokumenter TV tentang petualangan aktor Ceko Roman Zach di beberapa lokasi di Indonesia seperti Jawa Timur, Yogyakarta, Flores, Alor dan Sumba.

Seri dokumenter berjudul “Looking for the Lost World” tersebut ditayangkan di stasiun TV nasional Ceko, Ceska Televize.

Selain presentasi pada pembukaan pameran foto, KBRI Praha juga menggelar presentasi lanjutan Roman Zach pada 21 Agustus 2020.

Menurut Kenssy, promosi Indonesia melalui karya fotografi yang digagas Tomas Vanourek tersebut menunjukkan berkesannya Indonesia bagi warga Ceko yang pernah melakukan perjalanan ke Indonesia.

Antusiasme para pesohor Ceko – traveler, fotografer, aktor, sutradara – mempromosikan Indonesia di Ceko menunjukkan kecintaannya pada Indonesia.

"Kehadiran mereka pastinya menambah jumlah friends of Indonesia di Ceko yang mendukung soft diplomacy KBRI Praha,” demikian Dubes Kenssy.

Meski dunia tengah dilanda pandemi Covid-19, termasuk Ceko, KBRI Praha berupaya melakukan kegiatan promosi Indonesia, baik ekonomi, pariwisata dan budaya, guna memperkenalkan Indonesia lebih luas di Ceko. Momentum HUT RI ke-75 merupakan persembahan KBRI Praha bagi Indonesia.

Baca juga: KBRI Praha bantu WNI terkait virus corona
Baca juga: Desainer Sonya Morina pamerkan koleksinya di STYL Fashion Fair Ceko
Baca juga: Ceko akui Indonesia mitra strategis di kawasan Asia Tenggara

 

 

 

 


Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar