Persidangan parlemen Malaysia dimulai kembali 13 Juli

id Malaysia,Parlemen Malaysia,Ismail Sabri Yaakob

Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob. ANTARA Foto/Ho-FB/Agus Setiawan

Kuala Lumpur (ANTARA) - Persidangan parlemen Malaysia atau Dewan Rakyat akan dimulai kembali pada 13 Juli 2020 hingga 27 Agustus 2020 yaitu selama 25 hari selama pelaksanaan pembatasan sosial setempat, yang disebut Perintah Kawalan Pergerakan Pemulihan (PKPP).

"Dewan Negara juga akan bersidang dari 2 September 2020 hingga 23 September 2020 selama 11 hari," ujar Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob saat jumpa pers PKP ke 112 di Putrajaya, Selasa.

Dewan Negara, majelis tinggi parlemen Malaysia terdiri dari 70 senator, yang 26 di antaranya dipilih oleh majelis legislatif negara bagian, dengan dua senator untuk setiap negara bagian.

Ismail Sabri mengatakan musyawarah khusus menteri-menteri mengenai pelaksanaan PKP telah meloloskan SOP Pelaksanaan Persidangan Parlemen terkait norma baru dalam memerangi pandemi COVID-19.

Di antara SOP yang disetujui adalah pemakaian masker, penyediaan hand sanitizer serta jarak sosial satu meter tempat duduk saat persidangan parlimen berjalan.

"Semua yang terlibat termasuk anggota parlemen, pegawai pemerintah dan media perlu menjalani proses pendaftaran menggunakan aplikasi MySejahtera serta pengukuran suhu badan sebelum diperbolehkan masuk," katanya.

Dia mengatakan hanya anggota parlemen dan pegawai diperbolehkan masuk ke ruang persidangan sedangkan media dan masyarakat hanya diperbolehkan berada di gedung parlemen.

Sebelumnya diberitakan bahwa anggota parlemen oposisi, yang juga mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dijadwalkan akan menyampaikan mosi tidak percaya kepada Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam sidang parlemen tersebut.

Baca juga: Tiga partai oposisi Malaysia tolak pergantian ketua DPR

Baca juga: Mahathir klaim bukan dia yang usulkan anaknya jadi calon wakil PM


Baca juga: Mahathir calonkan Dato Seri Shafie Apdal sebagai perdana menteri

 

Kegiatan bisnis di Kuala Lumpur kembali beroperasi


Pewarta : Agus Setiawan
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar