Geng Shuang "pamit" dari jubir Kemlu China

id Geng Shuang, jubir Kemlu,Geng Shuang isu Natuna,Isu Natuna

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang berpamitan kepada awak media dalam jumpa pers terakhir, Jumat (5/6/2020). (ANTARA/HO-MFA/mii)

Jakarta (ANTARA) - Geng Shuang berpamitan kepada sejumlah awak media karena akan mengakhiri tugas kesehariannya sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA).

Dalam sesi jumpa pers di Beijing, Jumat (5/6), Geng mengucapkan terima kasih atas kebersamaannya selama empat tahun terakhir dengan para awak media dari dalam dan luar China.

Dia mengaku akan menempati pos barunya, namun tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Media setempat santer memberitakan diplomat berusia 47 tahun itu akan menempati posisi di perwakilan tetap China di PBB. Apalagi dia pernah bertugas di pos tersebut pada 1999.

Geng merupakan jubir ke-30 yang diembannya sejak 2016 dengan pengalaman kerja di MFA kurang lebih selama 20 tahun.

Dia berjanji akan terus menyuarakan kepentingan China dan berkontribusi meningkatkan rasa saling pengertian antara China dan dunia.

Pada awal 2020 nama Geng sempat menyita perhatian publik Indonesia gara-gara komentarnya mengenai isu Natuna.

Pada 7 Januari, Geng melontarkan pernyataan yang lebih mendinginkan suasana hubungan diplomatik China-Indonesia yang telah memasuki tahun ke-70, terutama setelah mencuatnya lagi isu Natuna.

"Saya tahu kemarin wajah saya viral di Indonesia," tutur Geng selepas memberikan keterangan pers tentang isu Natuna sambil menjabat tangan ANTARA pada saat itu. 

Baca juga: Kemlu China paparkan kekuatan dukungan terhadap Xinjiang
Baca juga: Kemlu China: Urusan Hong Kong adalah masalah internal

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar