Saham China ditutup lebih tinggi ditopang pemulihan kegiatan ekonomi

id saham China,indeks Shanghai,indeks Shenzhen

Seorang pria menggunakan masker saat berjalan melewati gedung Bursa Saham Shanghai di distrik keuangan Pudong di Shanghai, China. REUTERS/Aly Song/wsj/djo.

Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Jumat, setelah sehari sebelumnya bervariasi karena sentimen pasar membaik ditopang pemulihan kegiatan ekonomi di seluruh negeri.

Indikator utama Indeks Komposit Shanghai naik 0,22 persen menjadi ditutup pada 2.852,35 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen di bursa kedua China berakhir 0,87 persen lebih tinggi pada 10.746,08 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut mencapai 572,3 miliar yuan (sekitar 80,3 miliar dolar AS), sedikit mundur dari 578,29 miliar yuan (sekitar 81,11 miliar dolar AS) pada hari perdagangan sebelumnya.

Saham-saham telekomunikasi dan pariwisata termasuk di antara peraih keuntungan terbesar, sementara perusahaan di sektor semen, sekuritas, dan asuransi memimpin kerugian.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, bertambah 1,54 persen menjadi ditutup pada 2.086,67 poin.

Data resmi menunjukkan aktivitas ekonomi di negara itu terus menjadi normal ketika indikator-indikator utama melaporkan peningkatan secara menyeluruh dalam beberapa bulan terakhir.

Tetapi dengan penyebaran global virus corona baru, pemulihan masih menghadapi banyak ketidakpastian dan tantangan, analis memperingatkan.

Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah setelah bervariasi sehari sebelumnya
Baca juga: IHSG berpotensi melemah dipicu meningkatnya tensi geopolitik AS-China
Baca juga: Saham China hapus keuntungan awal menjadi berakhir lebih rendah

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar