KJRI Marseille kembali bantu pulangkan 26 WNI ABK

id WNI ABK,WNI dipulangkan dari Prancis,repatriasi WNI,WNI dipulangkan selama pandemi,KJRI Marseille

Sebanyak 26 WNI ABK grup kapal pesiar Ponant bersiap diberangkatkan menuju Indonesia dari Bandara Marseille Provence, Prancis pada Kamis (21/5/2020). (HO-KJRI Marseille)

Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Marseille kembali membantu pemulangan 26 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) dari Prancis ke tanah air.

Kali ini sebanyak 26 orang WNI ABK grup kapal pesiar Compagnie du Ponant yang berkantor pusat di Marseille, Prancis, dipulangkan dengan menggunakan jasa pesawat komersial pada Kamis (21/5), demikian disampaikan dalam keterangan tertulis KJRI Marseille yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Para warga negara Indonesia (WNI) itu pulang ke tanah air menggunakan penerbangan komersial dengan rute Marseille – Paris – Amsterdam – Jakarta. Seluruh WNI ABK tersebut pulang dalam kondisi sehat.

Para ABK yang dipulangkan merupakan sebagian dari 46 WNI yang bekerja di atas kapal pesiar L’Austral, Le Boreal, dan Le Lyrial yang saat ini bersandar di pelabuhan Marseille.

Baca juga: KBRI Teheran bebaskan dan repatriasi 15 ABK WNI dari Iran
Baca juga: KBRI Lisabon bantu pemulangan WNI ABK dari Portugal


Grup Compagnie du Ponant tetap mempekerjakan 20 WNI lainnya guna keperluan operasional dan pemeliharaan kapal dengan memperhatikan batas ambang minimum awak yang diperlukan.

KJRI Marseille telah memastikan bahwa setiap 26 ABK WNI yang dipulangkan ke tanah air telah membawa dan dibekali sertifikat kesehatan, sertifikat tes COVID-19, dan salinan surat garansi dari pihak prinsipal perusahaan.

Para awak kapal tersebut juga diberikan surat jalan/pengantar dari KJRI Marseille serta diberikan pembekalan protokol kesehatan selama dalam perjalanan.

Pelaksana Tugas Konsul Jenderal RI di Marseille, Erie Noer Bawono, meminta seluruh ABK asal Indonesia tersebut untuk menjaga kesehatan selama dalam perjalanan dan transit dan terus membawa sertifikat kesehatan. Erie mendoakan para awak kapal tersebut tiba di tanah air dengan sehat dan selamat.

Pelindungan terhadap 26WNI ABK grup Ponant juga diberikan sepanjang perjalanan dan transit.

KJRI Marseille telah berkoordinasi dengan KBRI Paris dan KBRI Den Haag untuk mendampingi dan memfasilitasi para awak kapal tersebut selama mereka trasit di Paris selama empat jam dan di Amsterdam selama 22 jam.

Baca juga: 1.970 WNI ABK dari Jerman berhasil dipulangkan ke Indonesia
Baca juga: KBRI London salurkan bantuan kepada ABK WNI di Inggris

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar