KUALA LUMPUR (ANTARA) -
International Youth Centre (IYC) / Asian Youth Council (AYC) Malaysia memberikan bantuan 60 paket bahan makanan kepada sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jalan Klang Lama Batu 4 Kuala Lumpur, Selasa, yang terdampak isolasi wilayah (PKP) dalam membendung COVID-19.

Bantuan secara simbolis diserahkan langsung oleh Direktur International Youth Centre (IYC) Dr Mohamed Maliki Mohamed Rapiee kepada 15 TKI yang dikoordinir oleh seorang TKI asal Jawa Tengah, Windari.

Turut membantu dan menyaksikan penyerahan bantuan tersebut Ketua Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (BP KNPI) Tengku Adnan beserta jajaran diantaranya Muliadi (Sekretaris) dan Muhammad Tohong (Wakil Ketua) serta pengurus dari IYC yang merupakan mitra dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga Malaysia serta pengurus dari Malaysian Humanitarian Movement (MHM).

Pemberian bantuan tersebut mendapat pengawalan ketat belasan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) Kepolisian Sektor Brickfields Kuala Lumpur sebagaimana kebijakan pemerintah Malaysia agar PDRM mengawal bantuan LSM ke masyarakat.

"Bantuan tersebut sebagai bentuk solidaritas atas rasa kemanusiaan bersama pada saat genting di Malaysia yang dialami teman-teman TKI. Kami tidak melupakan rekan-rekan kami dari Indonesia yang turut membangunkan negara kami. Dan saya yakin mereka juga memerlukan bantuan dari kami," ujar Direktur International Youth Centre (IYC), Dr Mohamed Maliki Mohamed Rapiee.

Dia mengatakan pihaknya juga membantu masyarakat Yaman, Banglades, India dan Nigeria sedangkan komunitas Indonesia datanya diperoleh dari KNPI Malaysia.

"Semoga bantuan kecil kami dapat meringankan beban yang ditanggung rekan-rekan kami dari Indonesia," katanya.

Gerakan Program Sifar Lapar (Zero Hunger) atau Nihil Kelaparan yang diprakarsai Yayasan Pusat Pemuda Internasional (IYC) didukung oleh Malaysian Humanitarian Movement (MHM) untuk membantu golongan yang kurang berkemampuan dan terdampak Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) 18 Maret - 14 April 2020.

Pada kesempatan tersebut Ketua MP KNPI Malaysia, Tengku Adnan menyampaikan terima kasih atas solidaritas dan bantuan dari ICY dan Malaysian Humanitarian Movement (MHM) sehingga diharapkan dapat meningkatkan persahabatan diantara kedua negara.


Baca juga: Relawan COVID-19 KAHMI Malaysia salurkan bantuan ke TKI

Baca juga: PDIP Malaysia bantu makanan TKI terdampak COVID-19

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020