Berhenti berbohong. ... itu bukan sanksi.
Washington (ANTARA) -
Amerika Serikat mempertimbangkan pelonggaran sanksi terhadap Iran dan negara-negara lain untuk membantu memerangi epidemi virus corona, ujar Sekretaris Negara AS Mike Pompeo.

Meskipun demikian Mike Pompeo tidak memberikan tanda konkret bahwa AS akan melakukannya.

Komentar tersebut mencerminkan perubahan sikap Departemen Luar Negeri AS, yang dikritik pedas atas pemberian sanksi kepada negara yang ingin memberikan bantuan kepada Iran.

Sekretaris Jenderal PBB sebelumnya meminta kepada AS untuk meringankan sanksi ekonomi AS terhadap Iran.

Berbicara kepada wartawan, Pompeo menekankan bahwa pasokan kemanusiaan dan medis dibebaskan dari sanksi yang diberlakukan kembali oleh Washington terhadap Teheran setelah Presiden Donald Trump mengabaikan perjanjian multilateral Iran pada 2015 untuk membatasi program nuklirnya.

Namun, sanksi AS yang lebih luas menghalangi banyak perusahaan dalam memberikan bantuan kemanusiaan untuk Iran, salah satu negara yang paling terpukul oleh epidemi virus corona.

Ditanya apakah mungkin Amerika Serikat akan mengevaluasi kembali sikapnya tentang pelonggaran sanksi, Pompeo mengatakan pada konferensi pers: "kami mengevaluasi semua kebijakan kami secara terus-menerus, jadi jawabannya adalah - apakah kami akan memikirkan kembali? - Tentu saja."

Ditanya tentang bantuan seperti itu pada 20 Maret, Pompeo hanya mengatakan sanksi AS tidak berlaku untuk barang medis dan kemanusiaan lainnya.

Pemerintahan Trump menekankan kebijakan "tekanan maksimum" untuk mencoba memaksa Iran untuk mengekang kegiatan nuklir, rudal, dan regionalnya.

Menteri luar negeri Iran menuduh Amerika Serikat di Twitter terlibat dalam "teror medis," mendorong juru bicara Pompeo, Morgan Ortagus, pada hari Senin mengatakan: " Berhenti berbohong. ... itu bukan sanksi. "

Pakar hak asasi manusia dari Amerika Serikat menyerukan pada hari Selasa untuk mencabut sanksi internasional terhadap negara-negara mulai dari Iran hingga Korea Utara dan Venezuela untuk memastikan bahwa persediaan makanan mencukupi untuk rakyat selama pandemi virus corona.

Pompeo dikritik tajam karena sikap pemerintah AS terhadap sanksi Iran. Pada bulan lalu, Amerika Serikat telah berulang kali memperketat sanksi terhadap Iran, terutama berusaha membuat negara itu lebih sulit untuk menjual minyak di luar negeri.

Sumber : Reuters

Baca juga: Iran minta AS cabut sanksi karena persulit penanganan pandemi COVID-19

Baca juga: Khamenei sebut sanksi AS memaksa Iran menjadi "mandiri"

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020