Saat komunitas internasional bekerja bersama untuk mengalahkan corona, AS dengan dialog bersama mitra ASEAN, membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan para pemimpin ASEAN
Washington (ANTARA) - Amerika Serikat memutuskan menunda pertemuan dengan para pemimpin Negara-negara Asia Tenggara yang dijadwalkan pada 14 Maret akibat kekhawatiran tentang penyebaran corona, kata dua pejabat AS yang mengetahui masalah itu pada Jumat.

Presiden AS Donald Trump mengundang para pemimpin 10 anggota ASEAN untuk bertemu di Las Vegas setelah dia tak hadir dalam KTT ASEAN di Bangkok November.

"Saat komunitas internasional bekerja bersama untuk mengalahkan corona, AS dengan dialog bersama mitra ASEAN, membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan para pemimpin ASEAN," salah satu sumber, pejabat senior pemerintahan, mengatakan kepada Reuters.

Pejabat itu menambahkan AS menilai penting hubungannya dengan bangsa-bangsa anggota ASEAN dan berharap melakukan pertemuan mendatang.

Departemen Luar Negeri AS tak memberikan komentar.

Keputusan itu datang di tengah kekhawatiran yang berkembang bahwa virus akan menyebar di AS saat banyak negara melaporkan infeksi baru, sejumlah perusahaan mengumumkan larangan pada karyawan mereka untuk bepergian dan pasar saham global terus merosot.

Jumlah kasus corona yang terkonfirmasi di AS relatif kecil sekitar 60, sebagian besar di antara mereka adalah penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang dipulangkan dari pelabuhan di Jepang.

Menlu Mike Pompeo mengatakan pada Senin persiapan untuk pertemuan tetap jalan meski ada penyebaran corona.

Penyebaran corona bermula di China tahun lalu. Angka terakhir WHO menunjukkan lebih dari 82.000 orang terinfeksi dengan lebih dari 2.700 korban mati di China dan 57 di 46 negara lain.

Reuters


Baca juga: Kasus baru COVID-19 tembus 1027, WHO tingkatkan level siaga dunia

Baca juga: Indonesia tarik kembali delegasinya pasca ITB Berlin resmi dibatalkan


 

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020