Paus Fransiskus puji China tanggulangi wabah virus corona

id virus corona jenis baru,paus fransiskus

Pasar Huanan, Wuhan, tempat pertama kali ditemukannya virus corona jenis baru yang menyebabkan 617 orang terkena pneumonia berat dan 17 di antaranya tewas. Pasar seluas tujuh kali lapangan bola itu menjual hasil laut, unggas, ular, kelelawar, binatang ternak, dan binatang liar. (ANTARA/HO-yehuoqingnian/mii)

Vatikan (ANTARA) - Paus Fransiskus memuji "komitmen besar" China untuk menanggulangi wabah virus corona dan berdoa untuk orang-orang yang sakit akibat terinfeksi virus tersebut.

"Saya juga berdoa untuk orang-orang yang sakit karena virus yang telah menyebar ke seluruh China," ujar Paus Fransiskus di hadapan puluhan ribu orang di Lapangan Santo Petrus, Minggu.

"Semoga Tuhan menerima mereka yang meninggal akibat virus corona ke dalam kedamaiannya, menghibur keluarga dan memberikan kekuatan kepada China yang memerangi virus tersebut."

Hubungan antara Vatikan dan Beijing telah meningkat sejak September, 2018 ketika kedua belah pihak menandatangani pakta bersejarah tentang penamaan para uskup. Umat Katolik konservatif keberatan dengan pakta itu, menuduh Vatikan menjual diri ke pemerintah komunis.

Kemampuan penyebaran virus korona jenis baru itu dinilai semakin kuat dan infeksi dapat terus meningkat.

Komisi Kesehatan Nasional China menginformasi hampir 2.000 orang di China terinfeksi dan 56 orang tewas oleh penyakit ini.

Sumber : Reuters

Baca juga: Paris batalkan pawai Tahun Baru Imlek menyusul sebaran virus corona
Baca juga: Jepang akan evakuasi warganya di Wuhan
Baca juga: Kota Tianjin di China diblokade karena wabah virus corona

Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar