Saya sedih sekali harus seperti ini
London (ANTARA) - Pangeran Inggris Harry berbicara tentang kesedihannya karena dipaksa untuk melepaskan tugas kerajaannya dalam kesepakatan bersama Ratu Elizabeth dan sesepuh kerabat bangsawan Windsor.  Harry  mengatakan tidak ada pilihan lain jika dia, istrinya Meghan, mencari masa depan yang mandiri.

Istana Buckingham dan sang ratu mengumumkan pada Sabtu bahwa Harry dan Meghan tidak akan lagi menjadi anggota kerajaan Inggris, tidak lagi menggunakan gelar "Yang Mulia" dan sekarang akan membayar sendiri dengan cara mereka sendiri, membebaskan mereka untuk mencari apa yang mereka sebut "peran baru progresif".

Aturan baru dibuat untuk mengakhiri krisis yang dipicu ketika pasangan ini mengumumkan awal bulan ini bahwa mereka ingin mengurangi keterlibatan resmi dan menghabiskan lebih banyak waktu di Kanada dan Amerika Serikat, sambil tetap menjadi bangsawan aktif.

Dalam sambutannya di badan amal Sentebale pada Minggu, Harry yang tampak sedih mengatakan bahwa hasil akhirnya bukanlah yang diinginkan oleh dia dan istrinya yang berkebangsaan Amerika dan mantan aktris.

"Harapan kami adalah untuk terus melayani ratu, Persemakmuran dan asosiasi militer saya tanpa dana publik. Sayangnya itu tidak mungkin," kata sang pangeran, yang berada di urutan keenam takhta kerajaan.

"Saya menerima ini dengan pengetahuan bahwa itu tidak mengubah siapa saya, atau seberapa berkomitmen saya. Tapi saya harap itu membantu Anda memahami apa yang terjadi, bahwa saya akan mundur dari semua yang pernah saya ketahui untuk mengambil langkah maju ke apa yang saya harap bisa menjadi kehidupan yang lebih damai. "

Di bawah aturan tersebut, Harry akan tetap menjadi pangeran dan pasangan itu akan mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex ketika mereka memulai hidup baru antara Inggris dan Amerika Utara, di mana mereka akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Tetapi mereka tidak akan mengambil bagian dalam acara seremonial atau wisata kerajaan di masa depan.

Komentator kerajaan mengatakan itu sama dengan "turun tahta" dan menunjukkan bahwa, di bawah kata-kata hangat di mana dia berkata Harry dan Meghan sangat dicintai, sang ratu mengambil garis tegas dengan bersikeras akan adanya pemutusan hubungan dengan status di keluarga kerajaan.

Baca juga: Pangeran Harry jelaskan alasan keluar dari anggota kerajaan
Baca juga: Netflix tertarik bikin film atau serial Pangeran Harry - Meghan Markle

 
Foto resmi pernikahan The Duke dan Duchess of Sussex. Foto-foto ini diambil oleh fotografer Alexi Lubomirski di Kastil Windsor. ANTARA/twitter./@KensingtonRoyal/aa.


"TIDAK ADA PILIHAN"

"Saya sedih sekali harus seperti ini," kata Harry. Dia mengatakan keputusan untuk mundur setelah berbulan-bulan pembicaraan dan bukan keputusan yang dia anggap ringan.

"Sejauh ini, benar-benar tidak ada pilihan lain."

Dia mengatakan kepada hadirin di badan amal yang dia dirikan bersama untuk membantu anak-anak dengan HIV di Afrika bahwa dia ingin mereka mendengar kebenaran darinya "bukan sebagai pangeran, atau adipati, tetapi sebagai Harry, orang yang sama yang dimiliki oleh banyak dari Anda menyaksikan tumbuh selama 35 tahun terakhir tetapi dengan perspektif yang lebih jelas ".

"Inggris adalah rumah saya dan tempat yang saya sukai. Itu tidak akan pernah berubah," katanya.

Rencana pasangan untuk mandiri diumumkan setelah istirahat panjang selama periode Natal di Kanada, mengejutkan anggota keluarga kerajaan dan membuat ratu dan anggota senior lainnya terluka dan kecewa, menurut sumber-sumber kerajaan.

Namun, dalam sebuah wawancara TV yang ditayangkan pada bulan Oktober, keduanya telah menjelaskan bagaimana mereka berjuang mengatasi perhatian media yang sangat besar. Pasangan itu juga telah memulai upaya hukum terhadap sebuah surat kabar karena mencetak surat yang Meghan kirimkan kepada ayahnya, Thomas Markle.

Harry berkata dia merasa istrinya telah menghadapi "intimidasi" dari beberapa tabloid yang serupa dengan yang dihadapi oleh ibunya, Putri Diana, yang meninggal dalam kecelakaan mobil ketika mencoba menghindari kejaran fotografer paparazzi.

Istana Buckingham mengatakan pasangan itu tidak akan lagi menerima uang publik dan bahwa mereka akan membayar biaya perbaikan pondok mereka di Windsor, yang angka-angka resmi menunjukkan sebesar 2,4 juta pound ($ 3,1 juta).

Tetapi rincian tertentu, seperti pengaturan keamanan masa depan mereka atau apakah pasangan itu dapat terus menggunakan tajuk  "Sussex Royal" untuk situs web mereka dan merek, belum ditentukan atau diumumkan kepada publik.

Baca juga: Pangeran William buka suara soal "Megxit"
Baca juga: Meghan Markle dilirik label fesyen papan atas


Meghan saat ini berada di Kanada bersama putra mereka, Archie, dan Harry diperkirakan akan segera bergabung dengannya.

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020