Massa kembali blokade pintu masuk pelabuhan Umm Qasr Irak

id Blokade Umm Qasr,Pelabuhan Irak

Ratusan demonstran memblokir gerbang Pelabuhan Umm Qasr di Provinsi Basra, Irak Selatan, kata satu sumber keamanan pada Selasa (29/10) (Anadolu Agency)

Basra, Irak (ANTARA) - Ratusan demonstran kembali memblokade pintu masuk pelabuhan komoditas Umm Qasr di Provinsi Basra, Irak Selatan, menghalangi pekerja dan kapal tanker memasuki area tersebut, kata dua sumber pelabuhan kepada Reuters pada Senin.

Jika blokade berlangsung hingga malam maka operasi di pelabuhan akan lumpuh total, menurut sumber tersebut. Blokade sebelumnya terjadi pada 29 Oktober hingga 9 November dengan operasi sesaat antara 7-9 November.

Umm Qasr merupakan pelabuhan utama Irak. Tempat masuknya impor biji-bijian, minyak nabati dan gula untuk memenuhi kebutuhan negara, yang sebagian besar bergantung pada makanan impor.

Blokade tersebut merugikan negara lebih dari 6 miliar dolar AS akibat penutupan pelabuhan selama pekan pertama, kata juru bicara pemerintah pada saat itu.

Lebih dari 300 orang tewas sejak meletusnya aksi kerusuhan di Baghdad dan Irak selatan pada awal Oktober. Aksi tersebut menjadi demonstrasi terbesar sejak jatuhnya Saddam Hussein pada 2003.

Massa menuntut penggulingan para elit politik yang dianggap korup dan berutang budi dengan kepentingan asing. Pemrotes beralih ke taktik pembangkangan sipil seperti aksi mogok, mengacaukan lalu lintas serta memblokir fasilitas minyak atau pelabuhan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pemrotes halangi jalan masuk Pelabuhan Umm Qasr, Irak


Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar