Melbourne (ANTARA) - Australia bersiap pada Jumat untuk menghadapi angin kencang yang dapat memicu kebakaran hutan di dua negara bagian selama akhir pekan dan menambah korban lebih dari 270 rumah yang hancur dan 1 juta hektare lahan yang hancur selama minggu lalu.

Biro cuaca negara itu memperingatkan bahwa angin dan sambaran petir meningkatkan ancaman bagi masyarakat di dua negara bagian di pantai timur negara itu, yang telah dirusak oleh api sejak Jumat lalu.

"Sebuah ledakan baru dari angin barat yang kering dan kering akan mengakibatkan bahaya kebakaran yang parah di Darling Downs dan Granite Belt," Biro Meteorologi ditandai untuk wilayah perbatasan antara negara bagian Queensland dan New South Wales.

Ia menambahkan bahwa badai mungkin terjadi di bagian utara wilayah itu "membawa risiko petir sebagai sumber pengapian untuk kebakaran baru."

Di New South Wales, 259 rumah telah hancur selama sepekan terakhir dan 59 kebakaran hutan atau semak masih menyala, tetapi tidak ada yang dinilai pada tingkat peringatan "bencana" yang dipicu pada awal pekan ini, kata Dinas Pemadam Kebakaran negara bagian itu.

Di Queensland, tempat 16 rumah telah hancur sejak 7 November, 59 api masih menyala.

Musim kebakaran telah dimulai lebih awal dari biasanya, pada musim semi Belahan Bumi Selatan, dan diperkirakan akan panjang dan brutal tahun ini karena kekeringan tiga tahun telah meninggalkan petak luas di timur dan barat Australia lebih rentan terhadap kebakaran.

Melihat upaya mencegah kelelahan di antara petugas pemadam kebakaran, Australia Barat telah mengirim tim ke luar untuk mengurangi kru yang lelah di pantai timur, dan Selandia Baru juga telah mengirim bala bantuan.

"Kami melakukan apa yang kami bisa untuk sesama warga Aussies kami sambil tetap mempertahankan sumber daya di garis depan, yang telah sangat dibutuhkan dalam beberapa hari terakhir," kata Departemen Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat Australia Barat di media sosial.

Sumber: Reuters

Baca juga: Angin kencang perparah kebakaran hutan di Australia

Baca juga: Australia diamuk angin ganas Siklon Debbie

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019