Hong Kong (ANTARA) - Hong Kong, (Reuters) - Pemerintah Hong Kong pada Jumat mengutuk  serangan oleh "gerombolan kekerasan" terhadap Menteri Kehakiman kota di London, sementara pertengkaran langsung pertama antara demonstran dan menteri pemerintah selama berbulan-bulan protes yang sering disertai kekerasan.

Menteri Kehakiman Teresa Cheng, yang berada di London untuk mempromosikan Hong Kong sebagai pusat penyelesaian perselisihan dan kesepakatan, menjadi sasaran sekelompok pemrotes yang meneriakkan "pembunuh" dan "memalukan".

Sebuah pernyataan oleh pemerintah Hong Kong mengatakan Cheng menderita "cedera tubuh yang serius" tetapi tidak memberikan perincian. Rekaman video dari insiden itu menunjukkan Cheng jatuh ke tanah.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia sangat mengutuk apa yang dia sebut sebagai serangan terhadap Cheng.

"Menteri mengecam semua bentuk kekerasan dan radikalisme yang merampas hak sah orang lain dengan dalih mengejar cita-cita politik mereka, yang tidak akan pernah menjadi kepentingan Hong Kong dan masyarakat beradab," kata pemerintah Hong Kong dalam pernyataan terpisah.

Serangan itu terjadi di tengah meningkatnya kekerasan di Hong Kong, yang dikuasai Cina, di mana seorang mahasiswa pengunjuk rasa meninggal awal bulan ini setelah jatuh dari tempat parkir selama demonstrasi.

Seorang petugas kebersihan jalanan berusia 70 tahun, dalam video di media sosial terlihat tertimpa kepalanya oleh batu bata yang dilemparkan oleh "perusuh bertopeng", meninggal pada  Kamis (14/11), kata pihak berwenang.

Departemen Kebersihan dan Makanan menyatakan sangat sedih pada Jumat atas kematian pekerja kebersihannya dan mengatakan bahwa pihaknya memberikan bantuan kepada keluarganya.

Para pengunjuk rasa anti-pemerintah melumpuhkan bagian-bagian Hong Kong untuk hari kelima pada hari Jumat, dan memaksa sekolah-sekolah untuk menutup dan memblokir beberapa jalan raya ketika para siswa membangun barikade di kampus-kampus universitas dan pihak berwenang berjuang untuk menjinakkan kekerasan.

Protes meningkat pada bulan Juni atas RUU ekstradisi yang sekarang dihapus yang akan memungkinkan orang untuk dikirim ke China daratan untuk diadili. Sejak itu mereka berkembang menjadi seruan untuk demokrasi yang lebih besar, di antara tuntutan lainnya.

Cheng, yang diperangi penasihat hukum utama pemimpin Hong Kong Carrie Lam, memainkan peran penting dalam mendorong maju RUU ekstradisi yang diusulkan yang memicu protes.

Protes berbulan-bulan telah menjerumuskan bekas koloni Inggris itu ke dalam krisis politik terbesarnya dalam beberapa dasawarsa dan menimbulkan tantangan rakyat yang paling buruk bagi Presiden China Xi Jinping sejak ia berkuasa pada 2012.

Hong Kong juga diharapkan untuk mengkonfirmasi pada  Jumat bahwa ia telah jatuh ke dalam resesi untuk pertama kalinya dalam satu dekade di tengah kekhawatiran ekonomi bisa berada dalam kondisi yang lebih buruk daripada yang dikhawatirkan karena protes anti-pemerintah mengambil korban besar.

Ketua Kelompok Alibaba Daniel Zhang, mengatakan, masa depan Hong Kong adalah "cerah" ketika raksasa e-commerce memulai kampanye ritel untuk listing sekundernya di kota.


Sumber: Reuters

Baca juga: Hong Kong berencana tutup sekolah pada Kamis, karena alasan keamanan

Baca juga: AS kecam kekerasan terbaru Hong Kong

Baca juga: Mahasiswa Hong Kong yang jatuh selama protes meninggal di rumah sakit

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019