New Delhi (ANTARA) - Mahkamah Agung India pada hari Sabtu menyerahkan kepada kelompok Hindu kepemilikan situs keagamaan berusia berabad-abad yang juga diklaim oleh umat Islam dalam sebuah kasus yang telah menyebabkan perpecahan yang mendalam dan kerusuhan mematikan antara kedua komunitas.

Berikut ini adalah garis waktu peristiwa yang telah membentuk kasus.

Baca juga: 11 pria India dihukum seumur hidup karena bunuh pedagang daging

1528 - Masjid di Ayodhya, yang sekarang menjadi negara bagian terbesar di India di Uttar Pradesh, dibangun oleh Kaisar Mughal Babur, menurut dokumen yang diproduksi oleh kelompok-kelompok Muslim di pengadilan.

1949 - Kelompok-kelompok Muslim menuduh pejabat pemerintah bersekongkol dengan para biksu Hindu untuk meletakkan patung bayi Dewa Ram di tanah masjid.

1950 - Gugatan pertama diajukan di pengadilan dekat Ayodhya, meminta izin untuk menyembah berhala Dewa Ram.

1986 - Pengadilan memerintahkan kunci dibuka di lokasi yang disengketakan dan agar umat Hindu diizinkan untuk berdoa di sana.

1992 - Ribuan aktivis Hindu, yang dipimpin oleh politisi Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) merobohkan masjid.

1992-93 - Kerusuhan Hindu-Muslim meletus di India utara dan barat. Kelompok hak asasi manusia memperkirakan lebih dari 2.000 orang tewas.

Baca juga: 14 Tewas dalam Ledakan di Masjid India

2010 -Tiga anggota majelis hakim pengadilan tinggi Allahabad di Uttar Pradesh memutuskan bahwa situs masjid harus dibagi menjadi tiga bagian antara tiga pihak utama dalam kasus ini.

2011 - Mahkamah Agung mematuhi perintah pengadilan tinggi

2019 - Lima majelis hakim di Mahkamah Agung India memulai dengar pendapat sehari-hari untuk menyelesaikan kasus ini.

9 November 2019 - Mahkamah Agung memberikan kelompok Hindu kontrol atas persengketaan yang disengketakan dan kaum Muslim paket tanah alternatif.

Baca juga: Tagihan restoran picu bentrokan agama di India

Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019