Brussels (ANTARA) - Paralimpiade Belgia Marieke Vervoort meninggal melalui euthanasia pada Selasa dalam usia 40 tahun setelah bergulat dengan kondisi tulang belakang yang tidak dapat disembuhkan dan degeneratif yang dia gambarkan semakin sulit untuk ditanggung setelah meraih medali .

Vervoort, yang meraih emas Paralympic dalam perlombaan kursi roda 100 meter di Olimpiade London 2012, telah menandatangani surat-surat eutanasia pada 2008 di Belgia, yang legal, dan meninggal sesuai dengan keinginannya Selasa malam.

Vervoort, yang juga meraih medali perak di London dan di Rio pada tahun 2016, didiagnosis dengan kondisi yang menyakitkan saat remaja dan pensiun dari kompetisi setelah Olimpiade Rio. Dia menganjurkan dialog tentang kematian yang dibantu di negara-negara di seluruh dunia.

Baca juga: Paus peringatkan badan amal Belgia untuk hentikan eutanasia

Berbicara di Rio pada tahun 2016, ia berkata, "Ini adalah Paralympic Games terakhir saya. Saya menderita penyakit progresif dan saya sudah menandatangani surat-surat eutanasia saya, pada tahun 2008, karena sangat, sangat sulit untuk ditangani, dan menderita akibat penyakit ini."

Memiliki kertas-kertas yang akan memungkinkannya untuk memilih eutanasia memberinya ketenangan pikiran, katanya, menambahkan: "Saya harap eutanasia juga sesuatu untuk setiap negara yang artinya - bukan pembunuhan - yang berarti memberikan perasaan istirahat kepada orang-orang."

Vervoort mengatakan kepada wartawan di Rio Paralympics bahwa, tanpa surat-surat itu dia mungkin sudah bunuh diri karena "sangat sulit untuk hidup dengan begitu banyak rasa sakit dan penderitaan dan ketakpastian ini."

Baca juga: Panda tertua di penangkaran jalani eutanasia di Hong Kong

Dia berbicara terus terang tentang hilangnya kemampuan fisiknya dan kemampuan menggambar serta berkurangnya penglihatannya. "Apa yang akan terjadi selanjutnya? Aku benar-benar takut. Tapi surat-surat itu memberiku banyak istirahat di pikiranku karena aku tahu kapan itu cukup bagiku, aku punya surat-surat itu."

Tetapi dia menambahkan, "Saya masih hidup dan masih akan menikmati setiap momen kecil dalam hidup saya."

"Marieke 'Wielemiea' Vervoort adalah seorang atlet dari kekuatan besi dan seorang wanita hebat. Kematiannya sangat memengaruhi kita," kata keluarga kerajaan Belgia di Twitter, menggunakan julukannya 'Wielemie', merujuk pada roda kursi rodanya.

Kota Diest di Belgia utara, tempat Vervoort dilahirkan, membuat buku belasungkawa dan membawa pesan panjang di situs webnya.

Baca juga: Parlemen Jerman putuskan eutanasia sebagai kejahatan

"Terlepas dari keterbatasan fisiknya, ia memiliki karir olahraga yang mengesankan," kata kota itu. "Marieke memilih eutanasia beberapa tahun yang lalu dan menindaklanjuti pilihannya pada Selasa malam."

Penyair lokal Kristien Nys juga menulis beberapa baris ke Vervoort "berlapis perak, berlapis emas" dengan wasiat besi dan "kesabaran malaikat". Senyum Vervoort tidak lagi terlihat.

"Tapi rasa sakitmu juga hilang, kamu telah melakukan putaran terakhir kamu, kamu telah menunggu cukup lama, pertempuran besar kamu telah berjuang."

Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019