Dubes Denmark merasa terhormat saksikan pelantikan Jokowi-Ma'ruf

id Duta Besar Denmark,Rasmus Abildgaard Kristensen,Pelantikan Presiden,Jokowi Ma'ruf

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini dan ASEAN, Rasmus Abildgaard Kristensen usai membuka acara seminar bisnis berkelanjutan ‘Arsitektur Berkelanjutan, Desain dan Ekonomi Melingkar' di Jakarta, Rabu (8/5/2019). (ANTARA/M Risyal Hidayat/Aria Cindyara)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini dan ASEAN, Rasmus A Kristensen, mengatakan merasa terhormat dapat menyaksikan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta, Minggu.

Dalam cuitan melalui akun Twitter resmi @DubesDenmark, dia mengunggah beberapa foto suasana acara pelantikan dan swafoto dirinya di gedung MPR/DPR dan menyatakan rasa terhormat dapat menyaksikan acara tersebut secara langsung.

Baca juga: Indonesia-Denmark jajaki kerja sama pendidikan sains

Dia juga mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin.

"Terhormat menyaksikan pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk masa jabatan 2019-2014. Saya mengucapkan selamat kepada mereka dan semoga selalu berhasil," ucapnya dalam cuitan yang juga menampilkan emoji gambar bendera Indonesia.
 
Kristensen resmi menjabat sebagai Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini dan ASEAN pada bulan September tahun 2017.

Fokus kerja sama Indonesia dengan Denmark mencakup beberapa sektor, termasuk kerja sama antarpemerintah terkait energi bersih dan perlindungan lingkungan.

Sebelumnya, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024 setelah dilantik dan diambil sumpahnya di Gedung MPR/DPR/DPD pada Minggu.

Baca juga: Indonesia jaring wisatawan Denmark

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-nya dan seadil-adilnya, memegang teguh undang-undang dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Joko Widodo membacakan sumpah jabatan disaksikan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Setelah Ma'ruf Amin membacakan sumpahnya dan keduanya menandatangani berita acara pelantikan yang juga ditandatangani seluruh pimpinan MPR, maka Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Disaksikan oleh jajaran pimpinan MPR, menteri-menteri Kabinet Kerja I, kepala lembaga-lembaga negara, serta tamu undangan lain, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengambil sumpah jabatan mereka.

Baca juga: Masyarakat Denmark antusias nikmati kuliner dan budaya Indonesia

Pelantikan tersebut dihadiri oleh beberapa kepala negara seperti Perdana Menteri Australia Scott Marrison, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah, Raja eSwatini, Mswati III, Wakil Presiden China Wang Qishan, dan Menteri Transportasi Amerika Serikat Elaine Chao.

Selain itu, hadir juga duta-duta besar negara sahabat yang mewakili pemimpin negaranya masing-masing untuk menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar