Pesawat Militer AS (ANTARA) - Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan pada Sabtu (19/10) bahwa seluruhnya dari seribu tentara yang ditarik dari Suriah Utara diperkirakan akan pindah ke Irak Barat untuk melanjutkan kampanye melawan gerilyawan Negara Islam dan "untuk membantu mempertahankan Irak."

Pada Kamis, Turki sepakat dalam pembicaraan dengan Wakil Presiden AS Mike Pence untuk jeda lima hari dalam serangan ke timur laut Suriah guna memberi waktu kepada para pejuang Kurdi untuk menarik diri dari "zona aman" yang akan dibangun oleh Ankara di dekat perbatasan Turki dan Suriah.

Gencatan senjata juga bertujuan untuk meredakan krisis yang dipicu oleh keputusan mendadak Presiden Donald Trump awal bulan ini untuk menarik semua 1.000 tentara AS dari Suriah Utara, sebuah langkah yang dikritik di Washington dan di tempat lain sebagai pengkhianatan sekutu setia Kurdi yang telah berjuang selama bertahun-tahun bersama pasukan AS melawan Negara Islam.

"Penarikan A.S. terus berlanjut dari Suriah timur laut ... kami berbicara berminggu-minggu bukan berhari-hari," kata Esper kepada wartawan dalam perjalanan ke Timur Tengah. Ia menambahkan bahwa penarikan dilakukan dengan pesawat dan konvoi darat.

"Rencana saat ini adalah pasukan itu akan dipindah-tempatkan kembali ke Irak barat," kata Esper, yang menambahkan bahwa mereka akan berjumlah sekitar seribu.

Dia mengatakan misi untuk pasukan itu adalah untuk "membantu mempertahankan Irak" dan melaksanakan misi anti-Islam. Seorang pejabat senior pertahanan AS mengklarifikasi bahwa situasinya masih lancar dan rencana bisa berubah.

Setiap keputusan untuk mengirim tambahan pasukan tambahan ke Irak kemungkinan akan banyak diteliti di negara di mana Iran terus-menerus mengumpulkan pengaruh.

"Itu adalah rencana permainan saat ini, banyak hal dapat berubah antara sekarang dan setiap kali kami menyelesaikan penarikan tetapi itu adalah rencana permainan sekarang," tambah pejabat senior itu.

Tidak jelas apakah pasukan AS akan menggunakan Irak sebagai pangkalan untuk meluncurkan serangan darat ke Suriah dan melakukan serangan udara terhadap gerilyawan Negara Islam.

Pasukan tambahan A.S. akan menambah lebih dari 5.000 tentara Amerika yang sudah bermarkas di negara itu, melatih pasukan Irak dan membantu memastikan bahwa militan Negara Islam tidak bangkit kembali.

Sementara Esper mengatakan dia telah berbicara dengan rekannya dari Irak dan akan terus melakukan pembicaraan di masa depan, langkah itu kemungkinan akan dilihat dengan skeptis oleh sebagian orang di Irak.

Irak berada di tengah-tengah krisis politik, karena protes massa telah menyebabkan lebih dari 100 kematian dan 6.000 cedera selama seminggu mulai 1 Oktober.

Peran Iran dalam menanggapi demonstrasi telah menjadi pengingat lain dari pencapaian Teheran di Irak, di mana sejumlah besar mantan komandan milisi sekarang menjadi anggota parlemen dan mendukung agenda Iran.


Baca juga: Pasukan pimpinan AS katakan 50 orang lagi tewas di Irak, Suriah


Gencatan senjata secara umum

Presiden Turki  RecepTayyip Erdogan mengatakan pada Sabtu bahwa Turki akan melanjutkan serangannya ke Suriah timur laut dan "menghancurkan kepala teroris" jika kesepakatan dengan Washington mengenai penarikan pejuang Kurdi dari daerah itu tidak sepenuhnya dilaksanakan.

Pada Sabtu gencatan senjata yang rapuh itu terjadi di sepanjang perbatasan, dengan beberapa kendaraan militer Turki melintasi perbatasan, kata wartawan Reuters di tempat kejadian. Dalam 36 jam terakhir, ada 14 "serangan provokatif" dari Suriah, kata kementerian pertahanan Turki.

Esper mengatakan bahwa gencatan senjata di timur laut Suriah umumnya diadakan.

"Saya pikir secara keseluruhan gencatan senjata umumnya tampaknya bertahan, kami melihat stabilisasi garis, jika Anda mau, di daratan, dan kami memang mendapatkan laporan kebakaran yang terputus-putus, ini dan itu, itu tidak mengejutkan saya," dia menambahkan.

Ada kekhawatiran bahwa serangan Turki ke Suriah timur laut akan memungkinkan militan Negara Islam untuk membuat keuntungan dan melihat militan melarikan diri dari penjara yang dijaga oleh pejuang Kurdi.

Esper mengatakan bahwa Amerika Serikat masih berhubungan dengan para pejuang Kurdi, yang dikenal sebagai YPG, dan mereka tampaknya terus mempertahankan penjara-penjara di daerah-daerah yang masih mereka kuasai.

Sumber: Reuters

Baca juga: Suku Arab di Suriah bergerak setelah Trump putuskan tarik pasukan

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019