Suara tembakan terdengar di Suriah sehari pascakesepakatan Turki-AS

id Kesepakatan gencatan sejata,Suriah timur laut

Penduduk Kurdi Suriah berharap bahwa Operasi Perdamaian Musim Semi yang dilancarkan oleh Turki pada Rabu (9/10), juga akan membantu mereka pulang ke rumah mereka (Anadolu Agency)

Ceylanpinar, Turki (ANTARA) - Suara granat dan tembakan bergema di area Kota Ras al Ain,  di bagian timur laut Suriah pada Jumat, sehari setelah Turki sepakat dengan Amerika Serikat untuk menghentikan serangan di Suriah selama lima hari agar membiarkan pasukan pimpinan Kurdi mundur.

Dari Kota Turki Ceylanpinar di seberang perbatasan dari Kota Ra al Ain, suara tembakan senapan mesin dan granat terdengar di area Ras al Ain. Asap membubung tinggi di salah satu wilayah dari kota Suriah tersebut.

Baca juga: Rusia terlibat pembicaraan Suriah - SDF pimpinan Kurdi

Gencatan senjata diumumkan Wakil Presiden AS Mike Pence seusai pembicaraan dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan di Ankara. Langkah itu dipuji oleh Presiden Donald Trump, yang menganggapnya mampu menyelamatkan "jutaan nyawa."

Jika langkah itu diterapkan maka akan tercapai semua tujuan utama Turki yang dideklarasikan saat pihaknya meluncurkan serangan 9 Oktober yakni kendali jalur sejauh 30 km ke wilayah Suriah, dengan milisi Kurdi yang menjadi sekutu AS, wajib angkat kaki.

Baca juga: Pemberontak Suriah dukungan Turki rebut kota di perbatasan

Belum jelas apakah Pasukan Demokratik Suriah pimpinan Kurdi (SDF) akan sepenuhnya mematuhi kesepakatan itu, yang akan membuat pasukan Turki bertanggung jawab atas petakan wilayah yang pernah Kurdi kuasai dengan dukungan militer AS.

Baca juga: AS: Terjadi gencatan senjata sebab YPG tak mampu pertahankan daerah

Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar