Baku tembak guncang Meksiko setelah penangkapan putra El-Chapo

id kartel Meksiko,El-Chapo,Gembong narkoba Meksiko

Ilustrasi Ivan Velasquez Caballero (tengah), yang diduga sebagai pemimpin kartel obat-obatan terlarang Zetas, diperlihatkan kepada media bersama dengan terduga anggota Zetas Carlos de Santiago (kedua kiri) dan Manuel Guerrero alias "Tony" (kanan) di Kota Meksiko, Meksiko, Kamis (27/9). (REUTERS/Edgard Garrido)

Mexico City (ANTARA) -
Tembak-menembak dahsyat mengguncang beberapa lingkungan di Kota Culiacan, Meksiko, rumah bagi kartel Sinaloa Guinal, Joaquin "El Chapo", pada Kamis, setelah pasukan keamanan menahan seorang putra gembong yang terkenal kejam itu.

Jaringan Meksiko Televisa dan Milenio keduanya mengatakan pasukan keamanan telah mengkonfirmasi penangkapan Ovidio Guzman, yang, bersama saudara-saudaranya, diyakini berpengaruh dalam kartel sejak ayah mereka dipenjara di Amerika Serikat.

Baca juga: Gembong narkoba Meksiko ditangkap

Seorang sumber pejabat tinggi pemerintah mengatakan kepada Reuters bahwa laporan itu benar. Milenio menyiarkan foto yang katanya menunjukkan Ovidio Guzman dalam tahanan.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan kepada wartawan bahwa kabinet keamanannya akan memberikan informasi tentang situasi di Sinaloa pada Kamis.

Polisi negara mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa beberapa tahanan melarikan diri dari penjara selama kekacauan, yang berlangsung berjam-jam. Rekaman video menunjukkan sekelompok orang setidaknya 20 orang berlari ke jalanan. Tidak segera jelas berapa banyak yang lolos.

Baca juga: Meksiko tangkap gembong kartel narkoba Zetas

Kendaraan dan pompa bensin dibakar sementara orang-orang kartel yang bersenjata berkeliaran di kota dengan truk, setidaknya satu di antaranya dipersenjatai dengan senapan mesin, seperti yang terlihat pada video yang diposting di media sosial. Warga sipil bersembunyi di lorong-lorong pasar swalayan, sementara yang lain lari mencari perlindungan di jalan-jalan pinggiran kota yang rimbun.

Polisi negara bagian mengatakan tidak ada kematian yang dikonfirmasi, meskipun dua video yang disiarkan di Milenio menunjukkan sejumlah pria tergeletak di jalan-jalan, tampaknya tak bernyawa.

Baca juga: AS-Meksiko akan bentuk tim perangi kartel narkoba

Sumber: Reuters

Pewarta : Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar